Tips

Coba 5 Bahan Alami Ini Untuk Hilangkan Bau Rokok Dalam Kabin Mobil

Ternyata bahan alami yang biasa ditemui di dapur bisa menghilangkan bau asap rokok di kabin mobil

Cesar Uji Tawakal | Gagah Radhitya Widiaseno

Ilustrasi Asap Rokok di Kabin Mobil. (pinterest)
Ilustrasi Asap Rokok di Kabin Mobil. (pinterest)

Mobimoto.com - Asap rokok memang menjadi masalah khususnya untuk para pengendara mobil. bau ini sulit untuk dihilangkan dalam waktu singkat.

Hal ini lantaran asap rokok menempel pada beberapa bagian interior mobil seperti jok, dashboard dan masih banyak yang lain.

Cara yang ampuh untuk mengusir bau tak sedap ini mungkin mengurangi kebiasaan merokok. Namun tak sedikit dari beberapa orang untuk melakukan hal simpel ini.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bau rokok di dalam kabin? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengusir bau tak sedap ini dilansir dari situs resmi Suzuki.

Ilustrasi dilarang merokok (Unsplash/Kristaps Solims)
Ilustrasi dilarang merokok (Unsplash/Kristaps Solims)

Cara mengusir bau tak sedap bisa menggunakan 5 bahan alami yang bisa dijumpai di dapur kalian. Ini dia kelima bahan yang dimaksud.

1. Bubuk Kopi

Bahan alami ini pasti mudah ditemukan di dapur bagi kalian yang suka merokok, karena merokok tanpa kopi terasa hambar. Ternyata bubuk kopi tak hanya menciptakan minuman yang enak, tetapi juga memiliki kemampuan menyerap bau rokok.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, kalian hanya perlu menyebarkan bubuk kopi ke karpet mobil atau jok. Supaya tidak kotor berikan wadah dan diamkan selama 12 jam atau semalaman. Jadi waktu paling tepat untuk melakukannya adalah ketika mobil tidak digunakan.

Letakkan bubuk kopi secara menyeluruh agar bau dalam kabin terserap dengan sempurna. Kalian bisa menggunakannya sesering mungkin, apalagi jika bau sangat menyengat.

2. Cuka

Jika ingin cara yang lebih cepat lagi untuk menghilangkan bau rokok, kalian bisa menggunakan cuka dapur. Bahan ini ampuh menyerap aroma seperti rokok hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Cukup berikan cuka ke beberapa bagian kabin mobil dan jangan lupa tempatkan ke dalam wadah yang terbuka. Biarkan selama tiga hingga empat jam dan tutup mobil agar baunya terserap. Setelah itu udara ruangan akan terasa lebih netral.

3. Kulit Jeruk

Cara menghilangkan bau rokok di mobil berikutnya yang cukup cepat adalah dengan meletakkan kulit jeruk. Tapi pastikan kulit jeruk masih segar, karena memiliki kandungan asam yang mampu menyerap aroma rokok dalam kabin.

Cukup letakkan kulit jeruk yang masih segar di beberapa titik kabin seperti jok, atas dashboard dan bawah jok depan, tengah hingga belakang. Kulit jeruk bisa dibiarkan selama beberapa hari sampai kering dan ganti dengan yang baru.

4. Bubuk Kayu Manis

Memiliki aroma rempah yang manis, bahan ini bukan hanya sedap untuk bahan masakan tetapi juga mengusir bau. Ruang kabin tak hanya bebas dari bau rokok, tetapi juga menjadi lebih wangi.

Cara menggunakannya harus dicampur dengan cuka apel agar mampu mengusir bau. Campurkan terlebih dahulu bubuk kayu manis seperempat gelas dengan setengah gelas cuka apel. Aduk sampai merata dan masukan ke wadah yang terbuka.

Letakkan wadah ke beberapa sudut kabin dan biarkan selama beberapa jam. Aroma rokok yang tadinya memenuhi kabin perlahan akan hilang.

5. Arang

Cara hilangkan bau rokok di mobil dengan bahan alami yang terakhir adalah penggunaan arang. Bahan ini biasanya digunakan untuk menghilangkan kelembaban dalam ruangan sejak zaman dahulu, yang otomatis juga mengusir bau tak sedap seperti asap rokok.

Arang akan menyerap kelembaban secara perlahan. Karena bentuknya yang padatan, bahan ini juga cenderung tidak mengotori kabin jadi lebih praktis. Cukup letakkan arang di beberapa titik kabin dan tunggu sampai bau menghilang.

Cukup mudah ditemui kan?

Berita Terkait

Berita Terkini