Jum'at, 25 Juni 2021

Lima Tips Beli Mobil, Wajib Disimak Biar Nggak Salah Pilih

Sesuaikan ekspektasi anda dengan opsi kendaraan yang tersedia.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Deretan Mobil Bekas yang Siap Diboyong, Terparkir Rapi di Depan TVRI Stasiun D.I. Yogyakarta. (mobimoto.com/Praba Mustika)
Deretan Mobil Bekas yang Siap Diboyong, Terparkir Rapi di Depan TVRI Stasiun D.I. Yogyakarta. (mobimoto.com/Praba Mustika)

Mobimoto.com - Walaupun terkesan sederhana, namun pada praktiknya beli mobil itu mudah-mudahsusah.

Banyaknya merek dan jenis kendaraan, belum lagi beragam harga yang tersedia membuat calon pembeli khususnya yang masih pemula rentan dibuat gundah gulana.

Biar tak bingung, tanyakan beberapa pertanyaan ini pada diri anda sendiri sebelum memutuskan untuk membeli mobil. Apa saja?

Aktivitas jual beli mobil bekas di showroom penjualan mobil bekas WTC Mangga Dua, Jakarta, Rabu, (23/9/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Aktivitas jual beli mobil bekas di showroom penjualan mobil bekas WTC Mangga Dua, Jakarta, Rabu, (23/9/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

 

1. Buat apa?

Sebelum memilih mobil, anda perlu berpikir, apa yang menjadi kebutuhan utama anda dalam memilih si roda empat.

Setiap orang tentu beda-beda. Jika anda berniat untuk menggunakan mobil tersebut untuk berpergian bersama keluarga, tentu anda wajib punya kendaraan yang mampu muat banyak (atau setidaknya bisa dimasuki 7 penumpang).

Atau bisa jadi anda berniat untuk berdagang, sehingga mempunyai mobil pick up tentu adalah pilihan yang bijak.

Setiap jenis mobil tentu punya keunggulan masing-masing yang bakal memenuhi kebutuhan spesifik dari penggunanya.

2. Berapa uang anda?

Jika anda adalah tipe orang berkantung tebal, tak ada salahnya jika anda sedikit berani untuk mengeluarkan uang lebih.

Ada harga ada kualitas, kendaraan berharga menengah ke atas tentu mempunyai sederet keunggulan jika dibandingkan dengan mobil-mobil entry level, pada urusan tenaga mesin misalnya.

Jika anda tipe orang yang berkantung pas-pasan, jangan memaksa untuk membeli mobil mahal. Belilah sesuai kebutuhan anda dan kemampuan untuk melakukan pembayaran, baik jika anda beli secara kontan maupun kredit.

3. Baru atau bekas?

Jika anda tipe orang yang telaten dalam merawat kendaraan, tak ada salahnya untuk membeli mobil bekas.

Risiko dalam membeli mobil bekas adalah anda harus melakukan beberapa perawatan sebelum tunggangan anda fit dan nyaman digunakan.

Plus, kendaraan bekas harganya tentu lebih hemat jika dibandingkan dengan mobil baru.

Lalu jika anda tipe yang ogah ribet, atau kurang paham mengenai seluk beluk mesin, tentu akan lebih bijak untuk membeli mobil baru. Setidaknya anda bisa menghindari pemborosan biaya perawatan.

4. Tipe bahan bakar

Jika anda kerap berpergian ke tempat dengan medan ekstrem, atau jika anda suka kendaraan yang hemat bahan bakar, tak ada salahnya untuk memboyong mobil berbahan bakar diesel.

Namun jika anda suka dengan faktor kenyamanan berkendara plus suara mesin yang senyap, tentu anda akan lebih cocok untuk membeli mobil yang minum bensin.

Selain itu, jika anda adalah orang yang sangat peduli dengan urusan emisi gas buang, mobil elektrik bisa jadi merupakan opsi paling tepat.

5. Manual atau otomatis

Tergantung dari di mana anda sering berada. Jika anda berada di kota dengan penduduk padat, mobil bertransmisi otomatis adalah opsi yang membuat anda tak mudah lelah saat berkendara.

Namun jika anda orang yang sering berpergian ke tempat dengan kondisi lalu lintas yang lancar, bisa juga untuk memilih mobil manual. Selain harganya relatif lebih hemat, mobil bertransmisi manual lebih nyaman digunakan untuk menempuh perjalanan ke daerah-daerah yang penuh tanjakan atau turunan.

Itulah beberapa pertanyaan yang wajib anda pertimbangkan sebelum beli mobil. Jangan sampai salah pilih, ya!

Terkait

Terkini