Selasa, 24 November 2020

Tips Hemat Bensin di Tanggal Tua, Wajib Tahu Nih

Begini caranya agar motor tak gampang haus bensin.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). (suara.com)
Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). (suara.com)

Mobimoto.com - Tanggal tua terkadang menjadi momok bagi orang-orang berpenghasilan pas-pasan. Adanya tagihan bulanan dan belanja kebutuhan membuat orang-orang harus menjadi bijak.

Tak jarang ada orang yang mulai memangkas semua pengeluaran pada h-sekian gajian agar tetap bisa makan hingga akhir bulan, salah satunya dengan memangkas pengeluaran untuk beli bahan bakar.

Selain dengan mengurangi berpergian, berikut adalah beberapa tips agar kendaraan anda tak sering "haus" bensin. Apa saja triknya?

1. Hindari Menarik Tuas Gas secara Spontan

Semakin lebar bukaan gas motor anda, semakin banyak bensin yang terbakar, namun semakin cepat pula motor anda melaju. Namun jika annda sering buka tutup gas secara spontan, hal itu malah eemmbuat konsumsi bahan bakar menjadi tak efisien.

2. Periksa Kecocokan Bahan Bakar

Kendaraan dengan kompresi tinggi tentu bakal menenggak lebih banyak bensin yang beroktan rendah cuma demi untuk melakukan akselerasi serupa bahan bakar beroktan tinggi.

Sehingga menggunakan bensin murah seperti premium pada motor kompresi tinggi justru malah boros.

3. Periksa Tekanan Udara Ban

Ban yang kekurangan udara membuat laju kendaraan terhambat, sehingga beban mesin bertambah, otomatis menjadi boros bensin.

4. Rawat Kendaraan Secara Berkala

Beberapa komponen punya andil besar dalam konsumsi bahan bakar, misal filter udara dan juga oli. Jika anda kurang paham mengenai jangka waktu penggantian komponen tersebut, konsultasikan dengan mekanik terdekat anda.

5. Jangan Bawa Beban Berat

Beban berat yang harus ditanggung motor juga berpengaruh dengan konsumsi bahan bakar. Semakin berat beban, otomatis semakin berat pula kinerja mesin, yang mana semakin banyak pula bahan bakar yang diperlukan untuk mengoperasikan kendaraan.

 

Terkait

Terkini