Kamis, 04 Juni 2020

Begini Cara Semprot Cairan Disinfektan ke Kabin Mobil, Tak Perlu Berlebihan

Penyemprotan wajib dilakukan untuk memutus mata rantai COVID-19.

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Menjaga Kebersihan Kabin. (Pexels)
Menjaga Kebersihan Kabin. (Pexels)

Mobimoto.com - Menjaga kebersihan kabin menjadi salah satu upaya para pemilik mobil untuk terhindar dari penyebaran wabah Virus Corona atau COVID-19. Dan belakangan ini banyak pemilik mobil yang aktif menyemprotkan cairan disinfektan.

Well, seberapa seringkah sebaiknya Anda melakukan penyemprotan disinfektan ini ke dalam kabin mobil?

Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, penyemprotan wajib dilakukan untuk memutus mata rantai COVID-19.

Semprot kabin mobil cegah Coronavirus [Dok CARFix].
Semprot kabin mobil cegah Coronavirus [Dok CARFix].

"Semakin sering kabin disemprot disinfektan semakin baik. Karena kabin mobil menjadi salah satu media yang rentan tercemar virus. Pastinya dengan harapan perkembangan virus dapat dihentikan," ujar Sony Susmana saat dihubungi Suara.com.

Namun meski dianjurkan, sayangnya saat ini banyak masyarakat yang meracik cairan disinfektan secara individu. Hal ini sebenarnya cukup berbahaya jika tak sesuai takaran.

Untuk itu, Sony Susmana menyarankan agar masyarakat tidak panik saat meracik cairan disinfektan. Agar lebih yakin, sebaiknya membeli yang sudah banyak dijual.

"Ada beberapa formula yg isinya dapat mengiritasi material kabin, jadi sebaiknya harus sesuai dosis dan seperlunya saja.
Apalagi yang namanya racikan sendiri, kalau yang meracik panik pasti dosisnya bisa berantakan. Jadi mending beli yang sesuai kebutuhan dan ringan," tegasnya.

Terakhir untuk memenuhi syarat safety, Sony Susmana menyarankan kabin tidak hanya harus bersih dari Virus Corona namun bersih dari kotoran-kotoran yang berpotensi menjadi virus dan menyebabkan penciuman, mata dan pernapasan terganggu.

"Pastikan kabin kendaraan memenuhi syarat kesehatan," tutup Sony Susmana.

Yuk, jangan lupa kita bersihkan mobil kesayangan dan berharap semoga pandemi segera berakhir. Dan kebiasan bersih-bersih ini mantap bila dilakukan berkala.

Catatan dari Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119. Jangan lupa, terapkan pula usaha tetap tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing dengan jarak minimal dua meter.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Terkait

Terkini