Rabu, 08 April 2020

Ikut Tanggulangi Covid-19, Waze Hadirkan Fitur Rujukan Rumah Sakit

Bila mesti mengemudi mobil ada bantuan dari Waze seperti berikut ini.

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Virus Corona. [Shutterstock]
Ilustrasi Virus Corona. [Shutterstock]

Mobimoto.com - Coronavirus Disease atau COVID-19, sebentuk Virus Corona baru, saat ini menjadi pandemi global. Di Tanah Air, terjadi peningkatan kasus dan pemerintah tengah menggelar rapid test untuk mempercepat penanganannya.

Apa yang bisa dilakukan oleh kita sebagai warga negara adalah mematuhi aturan jaga jarak atau social distancing. Yaitu tidak berdiri berdekatan atau berhimpitan, tidak keluar rumah kecuali berbelanja bahan kebutuhan pokok atau berobat.

Dalam langkah memberikan dukungan kepada pemerintah untuk mengendalikan penyebaran virus COVID-19, Waze--sebuah aplikasi navigasi berbasis komunitas--telah menambahkan titik-titik pusat pemeriksaan medis dan rumah sakit rujukan di seluruh Indonesia pada petanya.

Aplikasi Waze dengan info COVID-19 [screen shot Waze].
Aplikasi Waze dengan info COVID-19 [screen shot Waze].

Bila harus mengemudi keluar rumah atau berada di jalan raya, pengguna Waze kini bisa memasukkan kata kunci "COVID", "covid", "coronavirus", "corona virus", atau "rumah sakit corona" bila membutuhkan informasi arah untuk menemukan lokasi-lokasi pusat pemeriksaan terdekat.

Dan secara global, Waze juga menambahkan situasi jalan raya, seperti penutupan jalan, pusat pemeriksaan medis, dan fitur pengingat pop-up terkait, yang didukung komunitas Map Editor.

"Waze berkomitmen untuk membantu para pengemudi agar tetap aman selama COVID-19 masih mewabah, dengan memberikan informasi akurat dan up-to-date mengenai lokasi penutupan jalan, perawatan, dan pemeriksaan kesehatan terkait," demikian papar
Marlin R. Siahaan, Country Manager Waze Indonesia dalam pernyataan tertulisnya sebagaimana diterima Suara.com.

"Jika pengguna Waze mengalami demam, batuk, sakit tenggorokan, kelelahan, dan sesak napas sebagai bagian dari beberapa gejala Coronavirus Disease, mereka sangat disarankan untuk melakukan prosedur pemeriksaan di rumah sakit terdekat, yang dapat mereka temukan lokasinya di Waze," imbuh Marlin R Siahaan.

Catatan dari Redaksi:
Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain, sekitar 1,5 m persegi, dan tetap tinggal di rumah kecuali keperluan berbelanja atau berobat. Bersama-sama, kita bisa mengatasi pandemi Coronavirus Disease atau COVID-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCOVID-19

Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119

Suara.com/RR Ukirsari Manggalani.

Terkait

Terkini