Senin, 25 Januari 2021

Bersihkan Bagian-bagian ini Pada Mobil Kalau Tak Mau Jadi Sarang Kuman

Bagian-bagian mobil yang bisa jadi sarang kuman

Angga Roni Priambodo | Hikmawan Muhamad Firdaus
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Setir Mobil. (pexels)
Ilustrasi Setir Mobil. (pexels)

Mobimoto.com - Sebagai salah satu alat transportasi, mobil juga tidak lepas dari adanya kuman. Apalagi kalau sudah dibawa keluar dan terpapar udara yang tidak bersih.

Selain itu kontak dengan tangan manusia sering kali juga membawa kuman. Apalagi jika tidak dibersihkan akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Kuman-kuman ini bisa bersarang justru di tempat yang sering terjangkau oleh tangan. Oleh karena itu selalu bersihkan bagian-bagian ini jika tidak ingin jadi sarang kuman. Dikutip dari autoloansolutions.ca, bagian tersebut adalah:

1. Kunci

Kunci Mobil Lipat Mercedes-Benz. (denverlocksmithpros)
Ilustrasi Kunci Mobil Lipat Mercedes-Benz. (denverlocksmithpros)

Kunci merupakan salah satu part yang sering dipegang terlebih dahulu sebelum mengendarai sebuah mobil. Baik dalam bentuk kunci biasa ataupun keyless.

Agar tidak menjadi sarang kuman, simpan baik-baik kunci mobil. Sebaiknya selalu cuci tangan setelah memegang kunci mobil.

2. Handle pintu

Ilustrasi Pintu Mobil. (Pexels)
Ilustrasi Pintu Mobil. (Pexels)

Setelah kunci, bagian lain yang selalu terjangkau oleh tangan adalah hanlde pintu. Baik saat membuka dari luar ataupun dari dalam.

Agar meminimalisir sarang kuman, selalu jaga kebersihan dan selalu cuci tangan setelah memegang benda ini. Pastikan tangan tidak kotor ketika memegang bagian ini.

3. Setir

Lap permukaan setir mobil. (endurance.com)
Lap permukaan setir mobil. (endurance.com)

Untuk saat ini tidak mungkin mengemudikan mobil tanpa memegang setir. Bagian ini juga bisa menjadi sarang berbagi kuman jika tidak dibersihkan.

Selalu jaga kebersihan setir pada khususnya atau kabin untuk menjaga terhindar dari kuman yang berlebihan. Sebisa mungkin untuk membersihkan setir sehingga menjadi bersih.

4. Jok dan karpet

Jok Mobil yang Kotor. (owemesome)
Jok Mobil yang Kotor. (owemesome)

Sebagai tempat duduk jok juga harus selalu dibersihkan. Apalagi karpet sebagai alas kaki yang kadang membawa kotoran dari luar.

Selalu bersihkan jok dengan cara lap atau menggunakan sedot debu hingga ke sela-sela jok. Untuk karpet bisa dicuci hingga bersih menggunakan sabun lalu keringkan.

Nah itu tadi beberapa bagian yang sebaiknya selalu dijaga kebersihan agar tidak menjadi sarang kuman. 

Terkait

Terkini