Sabtu, 15 Mei 2021

Tips Cara Menjaga Ban Agar Tetap Awet, Lakukan Hal ini

Tips agar ban mobil tetap awet dan performa apik

Angga Roni Priambodo | Hikmawan Muhamad Firdaus
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Ban Mobil. (pixabay.com)
Ilustrasi Ban Mobil. (pixabay.com)

Mobimoto.com - Ban termasuk salah satu bagian vital yang perlu diperhatikan lebih. Karena ban merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah kendaraan.

Agar ban terutama mobil dapat awet atau punya performa yang cukup baik bisa lakukan cara-cara ini. Berikut tips menjaga ban agar tetap awet seperti dilansir dari goodyear.co.in.

1. Cek tekanan ban

Tekanan ban yang tepat diperlukan untuk kinerja ban, keselamatan, dan penghematan bahan bakar. Untuk itu, setidaknya sebulan sekali memeriksa ban dengan pengukur tekanan ban yang akurat. Setiap mobil mempunyai standar yang berbeda untuk tekanan ban. 

2. Jangan paksakan ketika selip

Jangan memaksakan ban secara berlebihan saat kendaraan Anda terjebak di lumpur atau pasir. Ini dapat menyebabkan pemanasan berlebih pada ban dan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

Periksa Permukaan Ban Mobil. (risleymotandtruckltd)
Periksa Permukaan Ban Mobil. (risleymotandtruckltd)

3. Periksa ketebalan ban

Selalu cek ketebalan ban ketika saat akan dipakai. Segera ganti jika ketebalan mencapai 1,6mm tersisa di tapak. Biasanya setiap ban mempunyai indikator berupa garis kecil pada lekukan yang paling dalam.

4. Hindari jalanan berlubang

Untuk menjaga ban tetap, pengemudi harus menghindari jalanan yang berlubang. Sebab terkadang ada lubang yang tajam dan dapat merobek ban. Hal tersebut sangat berbahaya saat berkendara.

Terkait

Terkini