Sabtu, 15 Mei 2021

Usir Bau Rokok yang Menyengat Dalam Kabin Mobil, Ikuti 4 Langkah Ini

Bau rokok memang sangat mengganggu khususnya untuk para penumpang yang tak merokok. Ini dia cara menangkalnya

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Merokok di Dalam Mobil. (SOTT)
Ilustrasi Merokok di Dalam Mobil. (SOTT)

Mobimoto.com - Kebiasaan merokok memang tak bisa lepas begitu saja dalam diri perokok. Apalagi ketika berkendara dalam mobil, pastinya membuat residu bau rokok menempel di dalam kabin mobil.

Penumpang yang mungkin bukan perokok justru bakal terganggu ketika berada di dalam mobil tersebut. Jika bau rokok ini tidak segera diatasi maka kesehatan dan kenyamanan penumpang di dalam mobil bisa terganggu.

Untuk mengatasinya bau rokok yang masih menempel, ada 4 tips yang bisa kalian lakukan seperti dirangkum dari Nissan.co.id. Berikut 4 langkah yang mungkin bisa kalian lakukan.

1. Bersihkan Bagian Kabin Secara Menyeluruh

Cara ini wajib dilakukan untuk menghilangkan bau yang menyengat di dalam mobil. Kalian bisa menggunakan sapu kecil dan penyedot debu untuk membersihkannya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kabin depan dari sudut-sudut hingga bagian bawah jok mobil. Jangan lupa untuk membersihkan lipatan jok karena biasanya akan ada banyak kotoran di situ.

Kemudian dilanjutkan pada bagian belakang hingga bawah karpet. Dengan membersihkan kabin secara menyeluruh, maka sumber dari bau akan sedikit berkurang.

2. Periksa Saluran AC

AC mobil menjadi bagian penting saat berkendara karena ada hubungan dengan sirkulasi udara. Kalian wajib memeriksa fungsi dan keadaan saluran AC pada mobil.

Sering kali kita menjumpai kabin yang bersih namun masih tercium bau asap rokok. Hal ini bisa terjadi karena saluran AC tidak bekerja dengan baik.
Untuk itu kalian dapat membersihkan filter AC secara manual dengan melepasnya kemudian sikat menggunakan kuas.

Filter AC sangat rentan terhadap air sehingga jangan sampai terkena air apalagi mencucinya. Biasanya untuk membersihkannya bisa digunakan dengan cara menyemprot angin pada filter tersebut.

Jika kalian takut, bisa bawa ke ahlinya yakni tukang servis AC mobil.

3. Buang Sisa Puntung Rokok

Puntung rokok merupakan salah satu sebab bau dalam kabin belum bisa hilang. Oleh karenanya segeralah untuk membuang puntung rokok tersebut ke tempat sampah.

4. Gunakan Pengharum

Pengharum ini menjadi piranti wajib ketika kalian berkendara dengan mobil. Hal ini berfungsi untuk menghalau bau-bau yang tidak enak ketika berkendara dalam mobil.

Naum alangkah baiknya memilih pengharum dalam mobil janganlah menggunakan pengharum yang memiliki bau menyengat. Hal ini bisa menimbulkan gangguan pada saluran pernapasan kalian.

Mungkin 4 tips di atas bisa kalian terapkan untuk mengusir bau rokok yang menyengat dalam kabin mobil.

Terkait

Terkini