Minggu, 07 Maret 2021

Musim Hujan Tiba, Berikut Teknik Jitu Terobos Genangan Air

Menerobos genangan air ternyata ada cara jitu agar mobil tetap aman dikendarai

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno
cloud_download Baca offline
ilustrasi mobil terobos genangan air (Shutterstock)
ilustrasi mobil terobos genangan air (Shutterstock)

Mobimoto.com - Akhir-akhir ini, sejumlah daerah di Indonesia diguyur hujan. Beberapa daerah ada yang terendam banjir akibat air hujan yang melimpah.

Ketika banjir surut memang kadang masih ada genangan air yang tertinggal di jalanan. Hal ini jangan disepelekan karena bisa menimbulkan masalah pada kendaraan kalian, khususnya untuk para pengendara mobil.

Biasanya kalian tak punya pilihan lain untuk menghindari genangan air ini, selain terpaksa menerobos genangan air tersebut karena terburu waktu. Tapi sebaiknya kalian pantau dulu tinggi genangan sebelum memutuskan untuk menerjangnya.

Jika tidak, masalah pada mobil akan datang. Mobil yang tadinya fit pun malah bisa menjadi mogok dan membuat Anda terjebak. Untuk itu, kalian dituntut memahami beberapa teknik jitu sebelum menerobos genangan air. Berikut ini teknik jitu terobos banjir dikutip dari Hyundai Indonesia.

1. Pahami Karakter dan Kondisi Mobil

Sebelum menerobos genangan air, pastikan kalian memahami karakter dan kondisi mobil.

Jika mobil kalian merupakan tipe sedan atau city car sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri, karena tidak memiliki ground clearance yang cukup tinggi. Beda dengan SUV yang memang desain mobilnya memiliki ground clearance tinggi.

Jika tetap memaksa, kalian harus pahami dulu letak filter udara pada mobil. Posisi filter udara harus di atas genangan air.

Jika filter udara kemasukan air bisa menyebabkan water hammer atau kondisi air masuk ke ruang pembakaran dan tentunya bisa merusak mesin.

2. Matikan AC

Ketika hendak menerjang genangan air, sebaiknya matikan AC terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari korsleting pada bagian kelistrikan mobil.

3. Gunakan Kecepatan Rendah Saat Terobos Genangan Air

Sebaiknya ketika menerobos genangan air menggunakan kecepatan rendah. Hal penting lainnya yakni menghindari posisi setengah kopling saat menerobos genangan air. Hal ini berpotensi menimbulkan gelombang air.

4. Jangan Paksa Nyalakan Mesin Saat Mogok Ketika Terobos Genangan Air

Jika kalian mengalami mogok sehabis melintas di genangan air, jangan sekali-kali memaksakan untuk menyalakan mobil kalian. Jika dipaksakan nantinya bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

5. Periksa Kondisi Rem

Saat kalian berhasil melintasi genangan air, sebaiknya periksa kondisi rem mobil kalian. Caranya saat kecepatan rendah, sekitar 5 km/jam, injak pedal rem berkali-kali untuk memastikan kondisinya baik-baik saja, tidak blong.

6. Bawa Ke Bengkel Resmi Terdekat untuk Cek Kondisi

Jangan merasa bangga ketika kalian berhasil melintasi genangan air. Meski sudah berhasil sebaiknya kalian tetap membawa mobil kalian ke bengkel.

Hal ini dilakukan agar mobil kalian tetap sehat dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan lebih parah atau lainnya.

Terkait

Terkini