Sabtu, 15 Mei 2021

Biar Nggak Nabrak, Ini 4 Tips Parkir yang Baik dan Benar

Urusan parkir memang gampang-gampang susah sih.

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Tak Becus Parkir, Pemobil Dapat Pesan yang Sangat Menohok. (Facebook/Kevin)
Tak Becus Parkir, Pemobil Dapat Pesan yang Sangat Menohok. (Facebook/Kevin)

Mobimoto.com - Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh pengendara saat membawa mobil adalah ketika harus parkir di tempat umum.

Jika tempatnya lapang, pengemudi akan leluasa memarkirkan kendaraannya. Namun beda cerita kalau harus parkir di keramaian yang punya space terbatas.

Kurang waspada sedikit saja, bisa berabe urusannya karena risiko untuk menyenggol kendaraan milik orang lain terbuka lebar.

Karena itu, bagi kamu yang masih pemula, ada baiknya menyimak panduan singkat mengenai cara memarkir mobil yang baik dan benar yang dilansir dari Garda Oto berikut ini. Untuk memastikan posisi kendaraanmu aman, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

 1. Membuka Jendela

Buka Sedikit Jendela Mobil Untuk Menjaga Sirkulasi Udara. (pexels/Joshua Koller)
Buka Sedikit Jendela Mobil Untuk Menjaga Sirkulasi Udara. (pexels/Joshua Koller)


Kamu bisa membuka jendela mobil dan mematikan audio. Dengan membuka jendela mobil, pengemudi bisa langsung melihat kondisi di luar dengan lebih jelas.Kekurangan cahaya akibat terhalang kaca jendela yang gelap akan mempengaruhi pandangan terhadap benda-benda di sekitar, membuka kaca mobil juga memberikan jangkauan penglihatan yang lebih luas.

2. Memperkirakan Jarak Mobil

Jaga jarak. (thetelegraphindia.com)
Jaga jarak. (thetelegraphindia.com)

Sebelum parkir, pastikan bahwa jarak antara mobil dengan dinding atau mobil lain cukup untuk membuka pintu mobil. Perhitungkan jarak antara sisi kanan dan kiri mobil dengan teliti terlebih dahulu.

3. Perhatikan Spion

Biar Nggak Nabrak, Ini 4 Tips Parkir yang Baik dan Benar - 3

Banyak orang seringkali menyepelekan fungsi spion mobil. Padahal, ini menjadi salah satu bagian terpenting untuk bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari kaca spion, pengemudi dapat melihat bagian ujung mobilnya, sehingga tahu apakah ujung bagian belakang mobilmu akan menabrak sesuatu benda atau tidak.

4. Memanfaatkan Kamera Belakang Mobil

''Digital Outer Mirrors'' Teknologi Lexus, Mengganti Kaca Spion dengan Kamera. (Motor1)
''Digital Outer Mirrors'' Teknologi Lexus, Mengganti Kaca Spion dengan Kamera. (Motor1)

Untuk memudahkan kamu memarkir mobil, saat ini sudah banyak fitur kamera kecil yang terletak di bagian belakang mobil, yang berfungsi untuk mengetahui keadaan belakang mobil dengan jelas.

Kamera ini terhubung dengan sebuah monitor yang ada di bagian atas kap mobil dan dapat dilipat. Melalui monitor ini, kamu dapat melihat kondisi di belakang mobilmu, sehingga tidak perlu membuka kaca mobil atau melihat spion dan cukup memperhatikan monitor untuk memindahkan mobil dengan aman.

Setelah memarkir mobil di tempat yang tepat, jangan lupa untuk menggunakan rem tangan untuk mencegah mobil tergelincir dari tempat parkir.

Terkait

Terkini