Selasa, 03 Agustus 2021

Tips Mudah Ganti Ban Mobil Secara Mandiri, Hemat Ongkos Bengkel

Tidak terlalu sulit melakukannya, tapi memang cukup menguras tenaga.

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Periksa Permukaan Ban Mobil. (risleymotandtruckltd)
Periksa Permukaan Ban Mobil. (risleymotandtruckltd)

Mobimoto.com - Roda atau yang lazim disebut sebagai ban mobil adalah salah satu unsur penting --bahkan bisa dikatakan inti-- dari sebuah kendaraan (mobil) selain mesin. Mengapa demikian? Karena roda atau ban inilah yang akan membantu kendaraan bisa melaju melintasi jalan.

Semewah apa pun fasilitas yang ditawarkan sebuah kendaraan, jika mobil tersebut tidak ada rodanya, tentu saja akan sia-sia saja karena tak bisa digunakan. Tapi, pernahkah Anda mendengar atau melihat berita di media massa bahwa terkadang ada mobil yang melakukan perjalanan jauh, tiba-tiba rodanya lepas? Atau mungkin malah pernah mengalami ban bocor di tengah jalan?

Bisa dibayangkan jika itu terjadi di tengah jalan tol dan tidak ada bengkel di sekitar. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk bisa mengganti ban mobil sendiri. Dan itu enggak sulit kok! Simak di sini cara mudah mengganti ban mobil sendiri tanpa harus ke bengkel, seperti dikutip dari Cermati.com.

A. Selalu Bawa Alat-alat untuk Mengganti Ban Mobil

Sudah sewajarnya ketika ingin membenahi sesuatu, Anda memerlukan alat pendukung. Tak terkecuali untuk sekadar mengganti ban mobil. Adapun alat-alat yang perlu disiapkan untuk mengganti ban mobil di antaranya:
-Dongkrak
-Kunci roda yang sesuai dengan baut roda mobil
-Ban cadangan yang ada

Biasanya, kunci roda dan dongkrak telah disediakan di setiap mobil baru. Kalaupun tidak punya, Anda bisa membelinya terlebih dahulu sebagai persiapan untuk perjalanan panjang. Lalu, pastikan juga kondisi ban cadangan masih dalam kondisi prima.

B. Perhatikan Langkah-langkah dalam Mengganti Ban Mobil

Setelah menyiapkan semua alat yang dibutuhkan, persiapan selanjutnya adalah mengetahui bagaimana langkah atau cara mengganti ban mobil dan memasang ban cadangan yang telah disediakan. Begini langkah-langkahnya:

1. Longgarkan baut pada roda

Sebelum melepas ban mobil, longgarkan baut ban mobil menggunakan kunci roda yang telah disediakan sebelumnya. Perlu diperhatikan bahwa melonggarkan tidak sama dengan melepas. Jadi, usahakan ketika Anda melonggarkan baut pada ban mobil, jangan sampai lepas. Tidak terlalu erat, dan tidak pula terlalu longgar.

2. Gunakan dongkrak mobil

Cara kedua yang harus dilakukan setelah melonggarkan baut pada ban mobil adalah dengan mendongkrak mobil (mengangkat bagian roda yang akan dilepas) dengan dongkrak yang sebelumnya sudah disediakan.

Tidak terlalu sulit melakukannya, tapi memang cukup menguras tenaga. Caranya adalah dengan meletakkan dongkrak di bagian bawah mobil --dalam hal ini di sekitar roda yang akan diganti-- lalu angkat tuas dongkrak naik-turun seperti sedang memompa air.

Setelah dirasa cukup, maka berhentilah sejenak dari memompa dongkrak. Pastikan sampai dongkrak benar-benar telah kuat menopang mobil, sehingga Anda sudah mudah untuk melepas dan mengganti ban mobil.

3. Lepaskan ban mobil

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melepas ban mobil yang telah dilonggarkan sebelumnya dengan perlahan. Tak perlu terburu-buru ketika melepaskannya. Pertimbangkan keselamatan dan kesempurnaan pekerjaan, bukan pada cepat atau tidaknya.

4. Pasang ban cadangan

Setelah melepas ban mobil yang lama, maka sudah waktunya bagi Anda memasang ban cadangan yang telah disiapkan. Cara memasang ban kali ini agak sedikit sulit daripada sekadar melepaskannya.

Anda harus benar-benar memasangnya dengan tepat, terlebih ketika memasang rem mobil pada ban yang baru dipasang. Teliti saat meletakkan ban pada pengaitnya agar melekat dengan sempurna. Coba goyangkan ke kanan dan ke kiri agar lebih mudah.

5. Pasang baut roda

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memasang baut roda pada ban cadangan yang telah dipasang. Perlu Anda pastikan untuk memasang dan mengunci baut dengan kencang, agar ban tidak mudah lepas.

Di samping itu, kuatnya kuncian baut juga berpengaruh terhadap kestabilan roda ketika melaju. Semakin kencang Anda mengunci baut ban, maka akan semakin kuat pula ban mobil tersebut.

Mau Ganti Ban Mobil? Bisa Dilakukan Sendiri Kok!

Setelah menyimak beberapa langkah dan tips mengenai bagaimana cara mengganti ban mobil secara mandiri, termasuk apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan, maka Anda tidak perlu khawatir lagi ketika sedang melakukan perjalanan ke destinasi yang jauh. Anda juga tidak perlu repot mencari bengkel atau tukang ban, sekadar untuk mengganti ban mobil dengan ban cadangan yang telah Anda bawa sebagai antisipasi. Mau ganti mobil ban enggak perlu ribet, karena memang sangat mudah dilakukan sendiri.

Suara.com/Arsito Hidayatullah.

Terkait

Terkini