Sabtu, 15 Mei 2021

Ngeri, Mesin Yamaha XMax Pecah karena Pasang Lowering Kit, Kok Bisa?

Wujudnya pun bikin ngilu, mengingat harga motor tersebut tak bisa dibilang murah.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Mesin Yamaha Nmax pecah gara-gara modifikasi. (Instagram/@seventyone71.perfromance)
Mesin Yamaha Nmax pecah gara-gara modifikasi. (Instagram/@seventyone71.perfromance)

Mobimoto.com - Di pasaran banyak ditemui sederet perangkat lowering kit untuk motor. Perangkat tersebut berfungsi untuk membuat motor lebih rendah sehingga lebih mudah diduduki oleh pengendaranya. Khususnya bagi mereka yang merasa motor tersebut terlalu tinggi.

Namun asal pasang lowering kit rupanya bisa menimbulkan efek fatal, seperti unggahan warganet satu ini. Sebuah akun Instagram bernama @seventyone71.performance mengunggah video yang memperlihatkan sebuah Yamaha XMax.

Motor tersebut rupanya mengalami kerusakan karena pemasangan lowering kit pada suspensi belakang. Akibatnya pun cukup fatal, seperti yang terlihat di video berikut ini.

Video tersebut memperlihatkan bagian blok CVT yang pecah, tepat di bagian titik tumpu suspensi yang terpasangi lowering kit. Bagian tersebut pecah setelah pengendara motor menerjang jalan yang rusak. 

"Jangan pakai alat ini, bagian ini pecah karena menghantam lubang. Tak ditanggung garansi pula." tutur pria dalam video tersebut.

Hal tersebut mungkin terjadi karena lowering kit satu ini membuat titik tumpu suspensi bergeser, sehingga beban yang diterima lubang baut  sambungan suspensi tersebut meningkat, alhasil blok cvt tersebut pecah.

Video tersebut pun sempat viral di lintas media sosial, dan membuat warganet merasa 'ngilu'.  Seperti beberapa komentar berikut ini.

"Titik beban berubah ya pecah. Soalnya kemarin di desain dengan titik beban di atas" tulis Kusuma Putra Sentana.

"Capek capek insinyur bikin sampe riset segala macem , eh malah di modif" ujar Rizky Fadillah.

Terkait

Terkini