Kamis, 24 September 2020

Pakar Beberkan Tips Merawat Mobil Sehari-hari Agar Tetap Laju dan Prima

Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat melakukan perawatan berkala?

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Memeriksa Kondisi Mesin Mobil. (mobimoto.com/Praba Mustika)
Memeriksa Kondisi Mesin Mobil. (mobimoto.com/Praba Mustika)

Mobimoto.com - Mobilitas yang tinggi biasanya kerap membuat pemilik mobil lupa melakukan perawatan rutin. Oleh karena itu tak heran bila pemilik mobil mendapati kondisi kendaraan yang kurang prima.

Dalam hal ini pemilik mobil sebenarnya bisa melakukan perawatan sederhana dengan melakukan servis rutin. Di mana perawatan berkala sebaiknya dilakukan setiap 10.000 KM atau 6 bulan sekali.

Lalu apa saja hal yang perlu diperhatikan saat melakukan perawatan berkala? Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi berbagi beberapa tips yang perlu diperhatikan para pemilik mobil.

Supriyadi menyarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan.

"Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, sebaiknya segera tambahkan air radiator coolant sesuai batas yang ditentukan," ujar Supriyadi, dalam keterangannya, ditulis Sabtu (8/2/2020).

Selanjutnya periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli, karena kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan mesin.

Sedangkan untuk kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungan minyak power steering.

"Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering yang telah direkomendasikan," katanya.

Sementara untuk kinerja pengereman yang optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi Daihatsu terdekat.

Terakhir khusus pengguna aki basah, pastikan dengan cara melihat ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara Lower Level dan Upper Level.

"Isilah air aki secara berkala agar aki tetap berfungsi secara optimal," tutup Supriyadi.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Terkait

Terkini