Jum'at, 06 Desember 2019

Waspada Fenomena Tank Slapper, Bisa Ancam Keselamatan Jiwa

Fenomena ini kerap menimbulkan kecelakaan yang mematikan.

Galih Priatmojo | Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi Sepeda Motor dari Suzuki, Yamaha, Honda dan Kawasaki. (YouTube)
Ilustrasi Sepeda Motor dari Suzuki, Yamaha, Honda dan Kawasaki. (YouTube)

Mobimoto.com - Fenomena tank slapper atau punya sebutan lain speed wobbles merupakan fenomena yang berbahaya bagi pemotor.

Hal tersebut sangat sering menimbulkan kecelakaan, bahkan merenggut nyawa dari pengunggang motor tersebut.

Dikutip dari Rideapart, fenomena tank slapper tersebut terjadi akibat adanya perpindahan titik tumpu berat pada motor, di mana beban motor meningkat di belakang dan membuat ban depan sedikit terangkat.

Lalu setelah terangkat ban tersebut kembali mencengkeram jalan, namun laju ban depan dan ban belakang tidak searah sehingga kemudi motor menjadi terpelanting ke kanan dan ke kiri, membuat pengendaranya hilang kendali.

Fenomena tersebut kerap ditemui pada motor-motor dengan tenaga dan torsi yang besar. Walaupun tak menutup kemungkinan hal tersebut juga bisa terjadi pada motor bertenaga kecil seperti yang kerap hadir di jalanan tanah air.

 

Kejadian tersebut tentu membahayakan baik pengendara motor maupun orang lain.

Dikutip dari Motorbikewriter, sulit untuk menghentikan motor yang mengalami hal tersebut, khususnya pada kecepatan tinggi.

Jika anda mengalami hal tersebut, diperlukan refleks tingkat tinggi untuk menanggulanginya, yakni dengan mengurangi tenaga dari motor tersebut, alias dengan menutup tuas gas, atau juga bisa dengan menekan kopling pada motor.

Selain itu, bisa juga dengan memiringkan badan sedikit ke belakang agar traksi ban depan sedikit berkurang, membuatnya lebih mudah untuk dikoreksi arahnya.

Tak cuma itu, pastikan anda selalu mengenakan piranti keselamatan seperti helm, sarung tangan, pelindung siku dan lutut untuk mengurangi bahaya jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Terkait

Terkini