Senin, 16 September 2019

Ban Tubeless yang Tertusuk Paku? Akali dengan Baut Ulir, Begini Caranya

Warganet beberkan tips menggunakan baut ulir untuk selamatkan ban tubeless.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Baut Ulir Selamatkan Ban Tubeless. (Facebook/Eko Budi)
Baut Ulir Selamatkan Ban Tubeless. (Facebook/Eko Budi)

Mobimoto.com - Ada dua jenis ban motor, tubeless dan tube-type. Ban tubeless sendiri dikenal lebih tahan bocor, namun ada tips sederhana ketika ban tubeless tertusuk paku, hanya dengan baut ulir. Bagaimana caranya?

Lewat jejaring Facebook warganet bernama Eko Budi mengunggah foto baut ulir berukuran kecil, yang ukurannya tak jauh berbeda dari uang koin seribu rupiah.

"Kecil-kecil yang ada di perkakas di dalam bagasi. Sangat membantu saat ban tubeless kena paku," ujar Eko Budi dalam unggahan tersebut.

Selain baut ulir, Eko Budi menambahkan ada satu alat lagi yang dibutuhkan yaitu selotip untuk keran air.

Eko mengklaim cara ini bisa membuat ban bertahan sampai berbulan-bulan hingga akhirnya kondisi ban tak bisa lagi digunakan dan harus diganti dengan yang baru.

Lantas, bagaimana caranya?

Baut Ulir Untuk Selamatkan Ban Tubeless. (Facebook/Eko Budi)
Baut Ulir Untuk Selamatkan Ban Tubeless. (Facebook/Eko Budi)

 

"Cabut pakunya, ganti pakai sekrup (baut ulir) yang sudah dililit selotip pipa air. Sampai kapan tahan nggak bocor? Tergantung seperti apa tusukan atau luka di ban. Namun, saya pernah pakai trik ini hingga berbulan-bulan hingga ganti ban baru," bebernya.

Meski begitu, cara yang dibeberkan oleh Eko Budi tentu hanya untuk keadaan darurat dan hanya sementara waktu.

Warganet pun membanjiri kolom komentar unggahan Eko Budi, tentang menambal ban tubeless untuk sementara dengan baut ulir.

"Solusi murah yang masuk akal. Kekuatannya hampir permanen dan tidak memperbesar lubang seperti pada tambal ban tubeless pada umumnya. Kalau sudah sampai bisa dicabut dan tampal tip-top dari dalam untuk solusi permanen," kata Kwang.

"Sebenarnya ban tubeless itu enak, tapi kalau pakai dibaut gitu kalau misal lubangnya banyak, bukannya malah rem jadi nggak pakem? Saran, pakai aja Lem G atau lem Korea. Ketahanannya juga lama, cuma 5000-an beli lemnya." Ujar Yakob.

Terkait

Terkini