Jum'at, 22 November 2019

Ini Tindak Preventif Hindarkan Mobil dari Pencurian

Maling selalu berusaha meretas teknologi pengamanan mobil.

Angga Roni Priambodo
Ilustrasi aksi pencurian mobil. (YouTube/The Universe)
Ilustrasi aksi pencurian mobil. (YouTube/The Universe)

Mobimoto.com - Salah satu ujar-ujar atau kata pepatah lama dalam dunia otomotif adalah "maling selangkah lebih maju dari para pemilik kendaraan". Memang menyesakkan, apalagi di zaman teknologi seperti ini. Ada saja, tindak pencurian terjadi.

Namun, serangkaian tindak preventif mesti dilakukan, dalam artian jangan tinggal diam menunggu kemalingan. Atau bahasa gaulnya adalah, "Jangan kasih kendor!"

Yup, sesederhana apapun langkah pengamanan yang kita lakukan, hal terpenting adalah membuat si tangan panjang juga harus berusaha lebih keras bila ingin memiliki barang yang bukan hak dia atau mereka.

Dikutip dari laman Auto2000, inilah lima (5) langkah tindak preventif agar mobil aman. Bagaimana pun, tindak pencegahan lebih mantap dibandingkan menyayangkan kejadian yang sudah lewat.

Mari disimak:

Kapasitas bagasi Honda Accord 2018. [Autoguide]
Bagasi Honda Accord 2018. Sebagai ilustrasi [Autoguide]

1. Simpan barang-barang berharga di bagasi

Rata-rata pencuri mengincar benda berharga yang ada di dalam mobil, namun sangat jarang membobol bagian bagasi. Jika mesti membawa barang berharga di kendaraan, sebaiknya simpan dalam bagasi.

2. Parkirlah mobil di tempat berpenerangan cukup

Hindari parkir mobil di tempat yang gelap, karena akan menjadi sasaran empuk pencuri. Bila diletakkan di area terang, pencuri akan berpikir dua kali karena takut kelihatan warga setempat.

Ilustrasi tempat parkir mobil. [Shutterstock]
Ilustrasi tempat parkir mobil. [Shutterstock]

3. Pasang GPS di mobil

Sekarang banyak dijual alat pelacak yang bisa dipasang di mobil. Cobalah pasang alat GPS untuk jaga-jaga. Dalam hal ini, GPS dimaksud bukan penunjuk arah atau rute bagi pengguna, namun pemberi informasi di mana kendaraan sedang berada.

Jika seandainya mobil sampai dicuri, pemilik bisa dengan mudah menemukan kembali mobil kesayangannya. Dan pastikan memasang alat GPS di lantai atau bagian bawah mobil, mengingat pencuri tidak akan memiliki cukup waktu untuk mencari GPS.

4. Pasang stiker keamanan di mobil

Pasang stiker kreatif yang bertuliskan mobil ini dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi. Jika ada orang yang berani mencuri mobil Anda, setidaknya si pencuri akan berpikir dua kali jika membaca stiker pengumuman ini.

Cup holder dan console box, di mana biasanya pengemudi menyimpan uang [Shutterstock].
Cup holder dan console box, di mana biasanya pengemudi menyimpan uang [Shutterstock].

5. Jangan menyimpan uang di dalam mobil

Jangan sekali-kali menyimpan uang dalam jumlah banyak di dalam mobil, sekalipun cuma Rp 100 ribu yang terlihat dengan mudah dari luar. Misalnya di jok atau konsol boks. Hal ini bisa menarik perhatian orang lain untuk membobol mobil Anda.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Terkait

Terkini