Senin, 16 September 2019

Jangan Asal Beli, Perhatikan Ini Sebelum Ganti Velg Mobil

Salah pilih ukuran bisa berujung berabe.

Rendy Adrikni Sadikin | Husna Rahmayunita
Ilustrasi velg mobil. (Unsplash)
Ilustrasi velg mobil. (Unsplash)

Mobimoto.com - Mengganti velg mobil menjad hal lumrah bagi pecinta modifikasi. Namun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukannya.

Kebanyakan orang mengganti velg kendaraan mereka dengan tujuan mempercantik penampilan. Mereka pun tak segan menggelontorkan dana fantastis asal kaki kendaraan mereka mulus.

Di sisi lain, mengganti velg mobil tak boleh sembarangan. Sebab salah pilh ukuran bisa berujung berabe dan malah membuat tidak nyaman.

Lebih jelasnya, inilah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum ganti velg roda empat kesayangan.

1. Diameter luar

Masalah diameter menjadi hal pertama yang harus dipertimbangkan. Idealnya diamater ban secara keseluruhan tidak boleh berubah meski ukuran velg ditingkatkan.

Velg dengan ukuran yang tidak seimbang membuat kaki pengendara gampang lelah serta membuat roda cepat aus.

2. Rasio ban

Terkadang saat memilih velg dengan diameter besar, pengendara kemudian memilih ban berukuran lebih tipis. Hal itu bisa mengurangi kemampuan menyerap getaran. Jadi sebelum memodifikasi bagian kaki kendaraan, harus mempertimbangkan rasio ban.

Velg diameter lebar dari All New Camry 2019 [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Velg diameter lebar dari All New Camry 2019 [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

3. Desain velg

Alangkah lebih baik, pengendara memilih velg yang sesuai dengan tipe dan jenis kendaraan. Jangan sampai, karena saking gegabah memiliki velg dengan desain bagus tapi harganya mahal dan tidak cocok untuk mobil kesayangan.

4. Berat velg

Berat velg juga wajib diperhatikan karena berpengaruh dengan sistem pengereman. Kalau bobot velg yang dipilih melebihi standar, pengendara membutuhkan durasi lebih lama untuk menghentikan mobil.

Buntut dari kebiasaan itu, mesin jadi bekerja lebih keras dan membuat bensin cepat habis.

Terkait

Terkini