Jum'at, 06 Desember 2019

Jangan Asal Tancap Gas, Ini yang Wajib Disiapkan Sebelum Mudik Berkendara

Tips ini pantang untuk diremehkan lho, apa saja?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi naik motor. (unsplash)
Ilustrasi naik motor. (unsplash)

Mobimoto.com - Mudik memang bagian tak terpisahkan dari bulan Ramadan. Bertemu dengan sanak famili tercinta memang bagian dari rutinitas tahunan yang begitu dinanti, apalagi bagi para perantau. Namun bagi perantau yang hendak mudik dengan mengendarai motor, ada hal yang harus diperhatikan sebelum tancap gas. Apa saja itu?

Ilustrasi Tas Motor dari Lomo. (Lomo)
Ilustrasi Tas Motor dari Lomo. (Lomo)

 

1. Kondisi motor

Cek kondisi motor. Pastikan semuanya dalam kondisi fit, mulai dari oli baru, rem pakem, rantai yang terlumasi, ban yang tidak halus, aki tidak tekor, dan lampu ‘sehat’.

2. Navigasi

Gunakan aplikasi navigasi agar tidak tersesat, pastikan anda didukung oleh operator yang menjamin sinyal selalu menyala.

3. Bekal perjalanan

Naik motor memang cukup melelahkan, pastikan anda membawa bekal penting, seperti makanan, minuman, p3k, bahkan hal sepele seperti tetes mata dan minyak kayu putih.

4. Ponsel selalu siaga

Pastikan ponsel anda selalu menyala jika saja ada hal darurat terjadi. Berbagi lokasi pada kerabat dekat cukup perlu agar keluarga bisa tenang memantau dari rumah.

5. Bahan bakar

Pastikan bahan bakar anda terisi dan cukup untuk sampai tujuan.

Itulah beberapa tips untuk persiapan mudik dan berkendara, pastikan anda siap jasmani dan rohani karena bagi mereka yang menempuh perjalanan panjang, tentu bakal menguras tenaga dan emosi.

Terkait

Terkini