Minggu, 15 Desember 2019

3 Tanda Busi Mobil Rusak Ini Patut Dikenali, Biar Nggak Panik

Kenali baik-baik biar nggak panik.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita
Ilutrasi busi mobil. (YouTube/NGK The Technical Training)
Ilutrasi busi mobil. (YouTube/NGK The Technical Training)

Mobimoto.com - Setiap kendaraan roda empat atau roda dua yang berbahan non diesel dibekali komponen bernama busi. Komponen tersebut bentuknya kecil dan mempengaruhi performa mesin.

Saat busi rusak, kendaraan tidak bisa mengeluarkan tenaga secara maksimal. Dampak paling fatal, kerusakan busi bisa menyebabkan mesin kendaraan mati dan membuat panik pemiliknya.

Namun begitu, kerusakan busi khususnya pada mobil bisa dideteksi dalam beberapa tanda. Pemobil pun menemukan masalah tersebut dalam kondisi mobil melaju ataupun diam (idle)

Dikutip dati laman resmi daihatsu.id, ini dia tiga tanda busi mobil rusak yang harus dikenali.

1. Saat mobil melaju

Ilustrasi busi mobil. (Shutterstock)
Ilustrasi busi mobil. (Shutterstock)

Kondisi busi rusak saat mobil melaju ditandai dengan akselarasi yang tidak seimbang sehingga mobil kekurangan tenaga. Saat menjumpai kondisi seperti itu, hentikan mobil dan hubungi bengkel terdekat.

2. Saat mobil diam dengan mesin menyala

Dalam keadaan mesin mobil hidup tapi tidak melaju, busi rusak ditandai dengan putaran mesin yang tidak halus. Selain itu juga ditandai dengan tuas transmisi yang sulit ditarik.

3. Wujud busi

Ilutrasi busi mobil. (YouTube/Eric The Car Guy)
Ilutrasi busi mobil. (YouTube/Eric The Car Guy)

Kerusakan busi mobil juga bisa dilihat dari bentuknya sudah kotor ataupun berkarat. Keadaan itu disebabkan oleh cara pemanasan mobil yang berlebihan, kerusakan pada setelan bahan bakar atau kompresi bocor. Jadi, segeralah beli busi baru.

Semoga bermanfaat.

Terkait

Terkini