Senin, 09 Desember 2019

Punya Mobil Warna Putih? Ini lho Tips Biar Warna Cat Tak Cepat Kusam

Selama ini mobil bercat putih paling rawan kena gangguan warna kusam.

Angga Roni Priambodo
Ilustrasi Mobil Warna Putih. (Mobimoto/Cesar Uji Tawakal)
Ilustrasi Mobil Warna Putih. (Mobimoto/Cesar Uji Tawakal)

Mobimoto.com - Memiliki mobil warna putih tentu membutuhkan perawatan tidak biasa dibanding warna lainnya. Sebab, selain terlihat mudah kotor, mobil dengan cat warna putih ternyata cepat terlihat kusam.

Mengutip laman resmi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ternyata ada beberapa langkah ekstra yang harus dilakukan jika memiliki mobil berwarna putih.

Pertama, segera cuci jika mobil terkena guyuran hujan. Sebab kandungan air hujan berbeda dengan air dari bawah tanah.

Jadi jangan biarkan air hujan atau lumpur menempel dan mengering pada permukan bodi, karena bisa menimbulkan bercak yang akan sulit dibersihkan.

Hal kedua, yang harus diperhatikan jangan mencuci mobil di bawah terik matahari. Sebenarnya, ini juga berlaku untuk semua warna.

Porsche Sport Tourismo (Porsche.com)
Porsche Sport Tourismo (Porsche.com)

Sabun atau shampo yang dioleskan ketika proses pencucian cepat kering, yang akhirnya menimbulkan bercak dan merusak warna.

Ketiga, jangan sembarangan menggunakan shampo. Karena kualitas shampo berpengaruh terhadap timbulnya jamur di permukaan cat. Dampaknya tentu mobil akan terlihat kusam.

Terakhir, biasakan parkir mobil di dalam ruangan, karena jika terkena paparan sinar matahari langsung, warna putih itu cepat terkontaminasi.

Jika tidak ada pilihan, bungkus mobil dengan cover agar terhindar dari sinar matahari langsung.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Terkait

Terkini