Jum'at, 13 Desember 2019

Ban Depan Motor Berbunyi Aneh? Segera Cek Bagian Ini

Pemotor wajib peka dengan keanehan yang terjadi.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita
Ilustrasi pria naik motor. (unsplash)
Ilustrasi pria naik motor. (unsplash)

Mobimoto.com - Masalah pada komponen sepeda motor memang terkadang membuat panik. Salah satunya yaitu saat ban depan motor mengeluarkan bunyi aneh saat dikendarai.

Bunyi aneh tersebut sebenarnya muncul dari gear ban depan di mana komponen tersebut berhubungan dengan gear ban belakang. Sementara penyebab munculnya bunyi aneh tersebut ada beberapa macam, antara lain: bagian gear yang kotor, jarang diberi pelumas, kebiasaan rem mendadak dan kabel speedometer yang putus.

Masalah kabel speedometer putus menjadi yang paling sering terjadi. Belum banyak yang tahu, kalau komponen motor itu memiliki jangka umur dan bila dipakai terus-menerus bisa berkarat dan putus.

"Kabel spedometer sebenarnya memiliki jangka waktu pakai, bukan bulanan tapi bisa setahun lebih, tergantung dengan cara pakai motor," tutur Eko (35), seorang pemilik bengkel di Yogyakarta saat ditemui Mobimoto.com pada (27/2).

Tak hanya cara pakai, Eko kemudian menjelaskan penyebab kabel speedometer berkarat. Ternyata, sering terkena air hujan menjadi menyebab utama kerusakan komponen itu.

Kabel speedometer putus. (Mobimoto.com/Husna Rahmayunita)
Kabel speedometer putus. (Mobimoto.com/Husna Rahmayunita)

"Kabel speedometer rusak karena biasanya berkarat terlalu sering kena hujan. Apalagi tempatnya di bawah dan tertutup pasti kemasukan air, berkarat terus mati," tutur Eko.

Untuk mencegah masalah tersebut, pria bertubuh ramping itu kemudian menyarankan pengendara untuk sering mengecek kendaraannya ke bengkel.

"Ya biar tetap aman, harus rajin servis motor," pungkas Eko.

Terkait

Terkini