Selasa, 24 November 2020

Catat, Ini Bagian Yang Perlu Dicek Saat Beli Supercar Bekas

Biaya perbaikannya akan sangat mahal bila salah pilih karena tak teliti.

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
'Parade' supercar. (Instagram/@supercarsoflondon)
'Parade' supercar. (Instagram/@supercarsoflondon)

Mobimoto.com - Layaknya mobil biasa, membeli sebuah supercar tidak melulu harus baru. Versi bekas atau mobkas dari tunggangan bertenaga super ini tak kalah menarik. Meski demikian, ada beberapa bagian yang harus diperhatikan sebelum beli supercar second.

Nah, hal apa sajakah yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah supercar berkondisi mobkas?

Menurut William Tjandra, President Director TDA Luxury, dealer supercar mobkas menyatakan, bahwa sebaiknya dipastikan produk yang diinginkan bukanlah bekas banjir atau tabrakan. Sebab biaya perbaikannya akan sangat mahal.

"Jangan hanya karena harganya lebih murah Rp 100 - 200 juta, jadi salah pilih mobil. Karena biaya perbaikannya sendiri bisa mencapai Rp 500 juta," ujar Wiliam Tjandra, di Jakarta, baru-baru ini.

'Parade' supercar. (Instagram/@supercarsoflondon)
'Parade' supercar. (Instagram/@supercarsoflondon)

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa saat membeli supercar mobkas memang perlu dilihat lebih detail. Terlebih lagi, bila sasis mobil sudah terkena empasan sebuah objek alias bekas tabrakan.

"Kalau untuk lihat sasis supercar memang harus dibuka, karena lokasinya tertutup. Kalau sudah pernah terkena tumbukan atau tabrakan, pasti harganya bakal turun jauh," tegas William Tjandra.

Selain itu, menurutnya, bagian kelistrikan juga perlu diteliti. Terkadang supercar yang sudah berumur atau produksi tahun lama memiliki masalah di bagian kelistrikan.

"Bagian kelistrikan biasanya juga sering menjadi problem, karena memang mobil berumur, terkadang juga ada masalah pada ECU-nya," demikian pungkas William Tjandra.

Demikian uraian tips memilih supercar mobkas. Jangan ragu mengecek harga dan kualitas mobkas, karena selera otomotif senantiasa unik.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Terkait

Terkini