Minggu, 09 Mei 2021

Daripada Rusak, Begini Cara Perbaiki Jalan Aspal yang Retak di Negara Maju

Jangan nunggu remuk dulu ya...

Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Driver ojol tandai ranjau jalanan. (Instagram/@newdramaojol.id)
Driver ojol tandai ranjau jalanan. (Instagram/@newdramaojol.id)

Mobimoto.com - Siapa sih yang nggak jengah saat melewati jalan dengan kondisi yang rusak parah? Apalagi jika harus melewati jalan tersebut setiap hari. Terkadang kondisi jalan rusak seolah tarabaikan karena tingginya biaya perbaikan jalan.

Namun tidak langsung rusak, jalan aspal yang mulanya dalam kondisi mulus tentu selalu diawali dengan retakan kecil yang jika dibiarkan akan perlahan membuat jalan tersebut makin parah.

Sebelum terlambat, sebenarnya ada langkah awal yang harus diambil agar rusaknya jalan tersebut dapat 'ditunda'. Seperti dalam video berikut ini.

Dalam video tersebut, dijelaskan bahwa retakan di jalan dapat membuat air dan pertikel-partikel kecil masuk ke celah retakan tersebut. Jika dibiarkan maka bisa dipastikan kondisi jalan tersebut makin parah dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, sebelum rusak, aspal tersebut perlu ditambal dengan 'teknologi' sederhana seperti dalam video tersebut. Yakni dengan memberi 'perekat' pada celah aspal tersebut guna mencegah masuknya air dan partikel-partikel kecil yang merusak aspal.

Jadi tidak perlu menunggu jalanan menjadi rusak parah kemudian diperbaiki secara besar-besaran. Daripada keluar banyak biaya dan usaha yang lebih 'merepotkan'?

Terkait

Terkini