Tips

5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kopling Mobil Cepat Rusak, Yuk Cermati!

Jangan sampai kecolongan kalau nggak mau rugi.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita

Ilustrasi kopling mobil. (Pixabay)
Ilustrasi kopling mobil. (Pixabay)

Mobimoto.com - Mobil dengan transmisi otomatis menjamur dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun begitu masih banyak orang yang setia dengan mobil transmisi manual.

Nah, bagi pecinta mobil manual tentunya paham dengan namanya kopling. Komponen tersebut berfungsi dalam mengatur perpindahan gigi.

Kopling sendiri terdiri dari beberapa komponen penting seperti pedal, kampas, kabel, dan druk laher. Namun begitu, bila salah salah satu komponen eror, kinerja kopling akan terganggu.

Nah biar nggak berabe, inilah 5 kebiasaan buruk yang menyebabkan kopling rusak seperti yang dikutip dari laman daihatsu.co.id.

1. Posisi setengah kopling

Cara ini biasanya dilakukan saat macet dan berada di tanjakan. Tapi tak disangka, ternyata hal itu mempercepat kerusakan kopling mobil.

2. Menginjak dan melepas kopling dengan kasar

Ilustrasi kopling. (pixabay)
Ilustrasi kopling. (pixabay)

Melepas dan menginjak kopling dengan kasar dapat merusak kopling. Untuk itu, usahakan agar lebih hati-hati saat memindahkan transmisi mobil dan jangan sampai menimbulkan bunyi kasar.

3. Menginjak kopling terlalu sering

Menginjak kopling terlalu sering dapat mempercepat kerusakan komponen itu akibat bantalan dan plat kopling yang aus. Jadi, harus lebih bijak dalam menginjak kopling.

4. Posisi gigi tidak sesuai dengan percepatan

Ilustrasi mobil bertransmisi manual. (Pixabay)
Ilustrasi mobil bertransmisi manual. (Pixabay)

Menggunakan gigi transmisi tidak sesuai dengan percepatan mobil juga bisa merusak kopling. Alangkah lebih baik untuk menyesuaikan gigi dengan kecepatan yang dihasilkan.

5. Menggantung pedal kopling

Menggantung pedal kopling menyebabkan gesekan pada kampas kopling dan membuat cepat aus. Biar nggak bikin berabe, kurangi kebiasaan menggantung kopling saat berkendara. 

Itulah 5 kebiasaan buruk pengemudi yang membuat kopling mobil cepat rusak. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini