Minggu, 08 Desember 2019

Fakta Membuktikan, Bagian di Mobil ini Lebih Kotor dari Dudukan Toilet

Harus rajin bersih-bersih mobil nih.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita
Ilustrasi stir mobil. (desertoasisautorepair)
Ilustrasi stir mobil. (desertoasisautorepair)

Mobimoto.com - Sekilas samar, ternyata benda yang sering dipakai dan disentuh setiap hari menjadi sarang kuman dan bakteri. Sebut saja uang kertas, handphone, keyboard dan roda kemudi mobil atau yang sering disebut stir mobil.

Sebuah studi dari situs web CarRentals, telah melakukan survei di antara 1.000 pengemudi di Amerika Serikat. Ditemukan, 32 persen dari jumlah tersebut jarang membersihkan bagian interior mobil mereka.

Bahkan, ada yang mengaku jika membersihkan bagian dalam mobil hanya setahun sekali. Padahal, aktivitas tersebut penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan.

Parahnya, sebuah studi yang dilakukan oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional menyebutkan kalau interior mobil menjadi salah satu tempat paling kotor di Bumi.

Studi tersebut kemudian mengukur tingkat kekotoran bagian dalam mobil dengan ukuran jumlah rata-rata bakteri per sentimeter persegi atau satuan pembentuk koloni (CFU). Tak disangka setir mobil menunjukkan tingkat kekotoran 629 CFU mengalahkan handphone (100 CFU), tombol lift (313 CFU) dan tisu toiler (172 CFU).

Studi tentang stir mobil dan dudukan toilet. (motor1.com)
Studi tentang stir mobil dan dudukan toilet. (motor1.com)

Fakta yang ditemukan tersebut tentunya cukup mengejutkan, mengingat banyak orang yang selama ini tidak menyadarinya. Mereka cuek dengan benda di sekitarnya.

Berbanding lurus dengan tingkat kekotoran setir mobil, para ahli kemudian menemukan bakteri apa saja yang menempel pada benda berbentuk lingkaran tersebut. Menurut hasil penelitian, ditemukan bakteri Staphylococcus (penyebab infeksi kulit dan keracunan makanan) serta Propionibacterium (bakteri pemicu peradangan dan infeksi).

Jadi biar nggak berabe, rajin-rajinlah membersihkan bagian eksterior dan interior ya Sob.

Terkait

Terkini