Minggu, 15 Desember 2019

Tips Menyelamatkan Diri saat Mobil Nyaris Tenggelam, Jangan Panik Dulu

Tetap fokus biar selamat.

Dinar Surya Oktarini | Husna Rahmayunita
Tips menyelamatkan diri saat mobil tenggelam. (spbcar.ru)
Tips menyelamatkan diri saat mobil tenggelam. (spbcar.ru)

Mobimoto.com - Meski sudah waspada dan berhati-hati, kecelakaan saat berkendara tidak bisa dihindarkan saja. Tak hanya di jalanan aspal, insiden apes seperti tenggelam bisa juga terjadi di area yang penuh dengan air seperti saat banjir atau saat berada di dekat area pantai.

Tentunya hal itu membuat panik orang-orang yang ada di dalam mobil. Selain kendaraannya nyaris tenggelam, orang-orang di sana pun harus segera menyelamatkan diri.

Pun jika terpaksa mengalami insiden yang tidak diinginkan tersebut, tidak boleh panik terlebih dahulu agar tetap selamat. Dikutip dari laman Wolrd of Buzz, Inilah tips menyelamatkan diri yang aman dan cepat saat mobil nyaris tenggelam.

1. Tetap fokus dan jangan panik

Agar bisa menyelamatkan diri, tetaplah fokus agar bisa berpikir jernih untuk mencari jalan keluar.

2. Lepaskan sabuk pengaman

Pasang sabuk pengaman. (babycenter.com)
Pasang sabuk pengaman. (babycenter.com)

 

Setelah kondisi jiwa tenang, lepaskan sabuk pengaman dan benda apapun yang memberatkan badan agar lebih mudah untuk berenang.

3. Pecahkan jendela

Dalam kondisi yang penuh air, pintu mobil tentunya sulit untuk dibuka. Untuk itu, lebih baik menyelamatkan diri dengan memecahkan jendela agar bisa keluar mobil.

4. Prioritaskan orangtua dan anak-anak

Selamatkan anak-anak. (ABC)
Selamatkan anak-anak. (ABC)

 

Setelah berhasil menyelamatkan diri, tidak ada salahnya untuk membantu orang lain. Prioritaskan orangtua dan anak-anak untuk diselamatkan.

Semoga bermanfaat.

Terkait

Terkini