Senin, 16 Desember 2019

Menurut Riset, Naik Motor Itu Bikin Cerdas!

Kok bisa sih? Simak penjelasannya....

Dinar Surya Oktarini | Cesar Uji Tawakal
Ilsutrasi. (pexels.com/Quintin Gellar)
Ilsutrasi. (pexels.com/Quintin Gellar)

Mobimoto.com - Menurut ilmuwan yang mengembangkan 'Brain Age' sebuah game pelatihan mental yang tersedia di platform Nintendo DS, mengemukakan bahwa mengendarai motor dapat meningkatkan fungsi kognitif dari seseorang.

Riset ini dilakukan oleh Ryuta Kawashima yang bekerja sama dengan Yamaha Jepang dan Tohoku University. Riset ini bertujuan untuk mempelajari efek 'motoran' pada orang usia pertengahan.

Dikutip dari Rideapart (22/1), mereka menyimpulkan bahwa  mengendarai motor dapat menyebabkan penuaan yang cerdas

Sebelumnya, riset ini dilakukan dengan meneliti sejumlah 22 orang yang berusia 40 hingga 50 tahunan yang memiliki motor namun tidak mengendarainya selama setidaknya 10 tahun. Dari orang-orang tersebut, separuh dari mereka dibuat untuk mengendarai motor setiap hari selama dua bulan, sementara sisanya tidak boleh naik motor dalam rentang waktu yang sama.

Ilustrasi Motor di Tengah Kota. (pexels.com/Juhasz Imre)
Ilustrasi Motor di Tengah Kota. (pexels.com/Juhasz Imre)

 

Setelah dua bulan, para rider ini menjalani tes untuk mengingat urutan angka yang terbalik. Hasilnya, mereka yang setiap hari 'motoran' mendapat skor 50% lebih tinggi, sementara yang tidak motoran, mereka mengalami penurunan skor.

Selain itu, mereka yang rutin motoran juga merasa lebih senang dan melakukan lebih sedikit kesalahan saat bekerja.

Hal ini disebabkan karena mengendarai motor menuntun kewaspadaan tingkat tinggi dan penyelesaian problem secara konstan. Menurut Kawashima, otak pengendara menjadi lebih aktif saat mengendarai motor.

''Kalian bisa memperbaiki kondisi mental kalian dengan simpel, yakni naik motor'' ujar Kawashima, dikutip dari Rideapart.

Terkait

Terkini