Jum'at, 13 Desember 2019

Terbiasa Lalui Jalan Ekstrem, Netizen Ini Bagikan TIps yang Bisa Kamu Coba

Tak ada salahnya dicoba jika kamu sering melewati medan yang sama.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Ilustrasi Jalan Ekstrem. (Pinterest)
Ilustrasi Jalan Ekstrem. (Pinterest)

Mobimoto.com - Salah satu tantangan bagi pemotor ataupun pemobil adalah, ketika menemui jalan yang cukup ekstrem. Kemampuan pengemudi benar-benar dibutuhkan agar selamat saat melalui jalan yang ekstrem. Lewat jejaring Facebook, pria bernama Firman Sumarwan membagikan tips untuk pemobil yang akan melewati jalan yang ekstrem.

Yang dimaksud jalan ekstrem adalah, jalan dengan tingkat kemiringan yang cukup curam. Sehingga kendaraan yang akan menanjak dan atau menurun perlu ekstra waspada dan berhati-hati.

Firman Sumarwan, mengaku sudah biasa melewati sebuah jalan yang bisa dikatakan cukup ekstrem, Sob, Heat Road (Heavy Equipment Access Trails). Heat Road sendiri merupakan jalan yang berada di area Pegunungan Jayawijaya, tepatnya di area pertambangan PT. Freeport.

Menurut penuturan Firman Sumarwan, sepanjang jalan ini hanya menanjak (saat berangkat) dan menurun (saat pulang). Sehingga, bukan hanya faktor pengemudi saja yang harus diperhatikan. Kondisi mobil juga harus mendapat perhatian lebih agar bisa melalui jalan ekstrem ini dengan selamat.

Periksa Sistem Pengereman

Injak pedal rem. (yourmechanic)
Injak pedal rem. (yourmechanic)

Perlu diketahui, setidaknya, ada beberapa sistem pengereman pada mobil. Service Brake, Parking Brake dan Engine Brake. Menurut Firman, pastikan seluruh sistem pengereman bekerja secara normal tanpa masalah.

Lalu, ketika akan melewati turunan yang curam dan panjang, Firman menyarankan untuk berhenti sejenak dan memeriksa temperatur roda. Apalagi, jika mobil sudah melaju dengan cukup jauh. Temperatur roda yang terlalu panas, bisa cukup berbahaya, lho.

Temperatur panas yang cukup tinggi, berpotensi menyebabkan roda terkunci sehingga tidak bisa berputar, ban meletus hingga rem blong.

Kenali Beban yang Dibawa

Jumlah penumpang. (stylistbynature.com)
Jumlah penumpang. (stylistbynature.com)

Jika melewati jalan ekstrem dengan beban yang cukup berat, Firman menganjurkan untuk melalui turunan dengan gear rendah. Menggunakan gear rendah, seperti gear 2 misalnya, akan membantu meringankan kerja service brake dan akan memudahkan untuk melakukan engine brake.

Penggunaan gear rendah ini juga berkaitan dengan putaran mesin alias RPM, Sob. ''Jaga RPM mobil di 2500-3000. Hal ini penting karena saat di turunan, engine brake akan meningkatkan RPM. Jika RPM terlalu tinggi akan menyulitkan saat ingin menurunkan gear dan juga berpotensi menyebabkan overheat pada mesin,'' kata Firman di jejaring Facebook.

Firman Sumarwan menambahkan, posisikan tuas transmisi pada gear mundur 'R' jika terpaksa berhenti di posisi jalan menurun.

Terkait

Terkini