Tips

Musim Penghujan Jangan Lupa Kurangi Angin Ban, Ini Manfaatnya

Tekanan angin pada ban juga penting untuk diperhatikan lho...

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi Toko Ban. (YouTube)
Ilustrasi Toko Ban. (YouTube)

Mobimoto.com - Daya cengkeram ban penting untuk diperhatikan apalagi ketika musim penghujan. Karena pada musim seperti inilah jalanan menjadi licin sehingga perlu untuk melakukan beberapa hal untuk meminimalisir risiko tergelincir.

Di antaranya adalah mengatur tekanan ban. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan permukaan ban yang 'menempel' ke aspal. Biar nggak gini, Sob!

Video tersebut memperlihatkan seorang pengendara sepeda motor yang tergelincir di tikungan pada saat hujan. Video yang di unggah di media sosial Instagram oleh akun bernama @agoez_bandz ini (2/1) menyatakan bahwa kecelakaan tunggal tersebut terjadi karena masalah tekanan ban.

Jika tekanan terlalu tinggi maka permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal akan terlalu sedikit sehingga daya cengkeram ban otomatis berkurang. Namun jika tekanan angin pada ban motor terlalu sedikit maka bisa jadi motor tersebut malah akan kehilangan kestabilan sehingga kedua hal tersebut sama-sama membuat si pengendara berpotensi jatuh.

Selain itu masih banyak faktor lain yang menentukan daya cengkeram ban, msial jenis bahan ban, ukuran ban, dan lain-lain. Yang terpenting adalah kewaspadaan dari si pengendara untuk memperhatikan kondisi motornya.

Berita Terkait

Berita Terkini