Senin, 16 Desember 2019

Tips Beli Gear Set Berkualitas Nampol yang Tidak Bikin Kantong Jebol

Beli gear set emang nggak bisa asal, yuk cari tahu sebabnya.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
Suku cadang sepeda motor. (Mobimoto/Cesar Uji Tawakal)
Suku cadang sepeda motor. (Mobimoto/Cesar Uji Tawakal)

Mobimoto.com - Gear set memegang peranan vital bagi sebuah sepeda motor non matic. Komponen inilah yang menjadi penyalur tenaga dari mesin menuju roda belakang yang membuat sebuah motor bisa melesat.

Di toko-toko onderdil banyak bertebaran beraneka macam jenis gear set sepeda motor. Gear set ini datang dengan harga dan mutu yang bermacam-macam. Oleh karena itu untuk membeli komponen-komponen yang terdiri dari gear depan dan belakang serta rantai ini tidak bisa dilakukan secara asal-asalan.

Apalagi bagi anda yang tertarik untuk mengganti gear set yang memiliki mutu sedikit di atas kualitas pabrikan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Menurut salah seorang mekanik bengkel Tunas Jaya Motor Wonogiri, berujar bahwa faktor penting dalam mengutak-atik sebuah gear motor adalah rasionya.

Pemasangan suku cadang sepeda motor. (Mobimoto/Cesar Uji Tawakal)
Pemasangan suku cadang sepeda motor. (Mobimoto/Cesar Uji Tawakal)

''Tidak masalah menggunakan gear milik motor lain. Selama lubang bautnya muat.'' ujarnya saat ditemui Mobimoto Minggu kemarin (30/12).

Terkait gear set sepeda motor yang memiliki ukuran berbeda-beda, ternyata bisa diakali.

''Kalau ukurannya berbeda dari standar, perhatikan rasionya. Kalau gear belakang ukurannya nambah nanti akselerasi nambah tapi napas (topseed) berkurang, begitu juga sebaliknya.'' imbuhnya.

Menurutnya, penting untuk memperhatikan perbandingan ukuran gear belakang dan gear depan. Jika ukuran gear belakang bertambah, maka gear depan juga harus ditambah jika tidak ingin sensasinya berubah.

''Kecuali pengen ngejar kecepatan, rasionya juga diganti. Misal gear depan digedein gear belakang dikecilin biar napasnya panjang.'' kata si mekanik.

Berdasar uraian di atas, maka jika anda hendak membeli sebuah gear set dan harganya kemahalan maka komponen milik motor lain yang lebih hemat bisa menjadi pilihan. Bahkan beberapa komponen lebih murah jika dibeli secara terpisah dibanding secara sepaket. Apalagi harga paket gear set heavy duty yang memang tidak murah.

Terkait

Terkini