Kamis, 04 Maret 2021

Dinamo Starter Mobil Rusak Bikin Keki, Yuk Kenali Penyebabnya!

Masalah ini bikin gemas dan dongkol, jadi harus tau penyebabnya.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita
cloud_download Baca offline
Ilustrasi dinamo starter rusak. (itstillruns.com)
Ilustrasi dinamo starter rusak. (itstillruns.com)

Mobimoto.com - Setiap kendaraan tentunya dibekali fitur bernama starter. Fitur tersebut merupakan komponen penting yang berfungsi menghidupkan kendaraan.

Pun saat fitur tersebut rusak atau eror, pasti pengendara akan dibuat bingung apalagi bagi mereka pemilik mobil. Berbeda halnya dengan motor yang dilengkapi fitur kick starter dan engkol.

Nyatanya fitur starter atau yang sering dinamo starter sangat vital. Tidak mungkin rasanya harus bersusah payah mendorong mobil saat komponen tersebut malfungsi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, tentunya kita harus mengetahui penyebab starter rusak dan solusi yang harus dilakukan.

Selengkapnya, ini dia penyebab dinamo starter mobil rusak seperti yang dikutip dari laman Daihatsu.

1. Aki soak

Ini menjadi biang keladi utama, saat aki mobil soak tentunya sistem kelistrikan tidak akan berjalan semestinya. Jadi sebisa mungkin, lakukan pengecekan secara berkala untuk mencegah kerepotan dan kepanikan saat dinamo starter tiba-tiba eror.

2. Memaksa kerja dinamo

Ilustrasi cek dinamo starter mobil. (club.caradisiac.com)
Ilustrasi cek dinamo starter mobil. (club.caradisiac.com)

Saat dinamo mobil eror, banyak pengendara yang mencoba memaksa kerja fitur tersebut sampai mesin mobil hidup. Alangkah lebih baik untuk menghindari hal itu karena bisa membuat dinamo panas dan membakar komponen mesin lainnya.

3. Carbon brush habis

Satu lagu penyebab dinamo starter eror yaitu karena carbon brush habis. Untuk itu, saat tanda-tanda seperti suara aneh dan putaran dinamo melemah muncul segeralah periksa carbon brushnya.

Semoga bermanfaat.

Terkait

Terkini