Selasa, 22 Juni 2021

Tips Berkendara di Musim Hujan dan Cuaca Dingin

Biar nggak menggigil.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
cloud_download Baca offline
Tips Berkendara di Musim Hujan dan Cuaca Dingin. (Classic-British-Motorcycles)
Tips Berkendara di Musim Hujan dan Cuaca Dingin. (Classic-British-Motorcycles)

Mobimoto.com - Bagi pemotor, musim hujan bisa jadi kondisi yang tidak begitu bersahabat karena harus ekstra waspada ketika mengendarai kuda besi kesayangannya. Karena saat hujan dan cuaca dingin tentu memengaruhi kondisi kamu dan motor kesayangan.

Makannya, Mobimoto mau kasih tips biar di musim hujan kayak gini kamu bisa tetep riding dengan aman dan nyaman. Apa aja, sih? Yuk disimak.

1. Kurangi Kecepatan

Ilustrasi Motor di Tengah Kota. (pexels.com/Juhasz Imre)
Ilustrasi Mengurangi Kecepatan Saat Berkendara. (pexels.com/Juhasz Imre)

Jalanan yang basah karena hujan, bisa menyebabkan terjadinya aquaplaning pada ban. Aquaplaning atau hydroplaning adalah kondisi di mana ban tidak menapak sempurna pada permukaan jalan.

Hal itu menyebabkan jarak pengereman menjadi bertambah, Sob. Makannya, hindari berkendara dengan kecepatan tinggi ketika hujan dan kondisi jalan basah, ya.

2. Gunakan Aksesori Berkendara yang Tepat

Jas Hujan Model Setelan. (Ride Tribe)
Jas Hujan Model Setelan. (Ride Tribe)

Jas hujan jadi salah satu aksesori berkendara yang harus selalu kamu bawa di musim hujan seperti ini. Hindari penggunaan jas hujan ponco yang beresiko nyangkut di ban motor.

Sebaiknya gunakan jas hujan setelan dengan atasan dan bawahan. Meski agak ribet, tapi jas hujan seperti itu bisa lebih melindungi kamu dari kebasahan.

Saat kondisi tubuh terlalu basah, dan kamu tetap berkendara juga beresiko membuat tubuh jadi menggigil kedinginan, lho.

3. Periksa Tekanan Udara

Cek tekanan ban. (motorcycle.com)
Cek tekanan ban. (motorcycle.com)

Saat berkendara, ban akan menjadi panas dan panas tersebut akan meningkatkan traksi pada ban sehingga motor akan lebih mudah dan lebih baik ketika dikemudikan.

Sedangkan saat hujan dengan suhu udara cenderung dingin membuat traksi ban menurun. Hal ini tentu terkait dengan aquaplaning yang telah disinggung di atas.

Dengan tekanan udara yang tepat, setidaknya bisa memastikan kondisi ban tetap prima.

4. Jangan Paksa Berkendara Jika Hujan Sangat Deras

Ilustrasi Berkendara di Hujan Deras. (Motorcycle Island)
Ilustrasi Berkendara di Hujan Deras. (Motorcycle Island)

Mungkin terlihat sepele, Sob. Tapi saat kondisi hujan yang begitu deras secara langsung jarak pandang kamu akan berkurang.

Belum lagi angin yang kencang, bisa membuat pengendalian motor akan sedikit lebih sulit.

Sebaiknya, menepi sejenak pada tempat yang tepat. Hindari berteduh di bawah jembatan karena bisa menimbulkan kemacetan. Juga di bawah pohon besar atau papan reklame, sebagai langkah antisipasi jika hujan deras dan angin bisa membuat pohon atau papan reklame yang roboh.

Mudah kan, Sob. Coba ikuti 4 tips berkendara di musim hujan di atas, supaya perjalanan kamu dengan motor kesayangan tetap aman dan nyaman.

Terkait

Terkini