Senin, 08 Maret 2021

6 Bahan Rumahan Ini Ampuh Singkirkan Jamur di Kaca Mobil

Bahan yang mudah didapat, bikin kamu bisa lakukan sendiri dengan mudah.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
cloud_download Baca offline
Membersihkan Kaca Mobil dari Air Hujan dan Embun. (Pexels)
Membersihkan Kaca Mobil dari Air Hujan dan Embun. (Pexels)

Mobimoto.com - Musim hujan telah tiba, dan salah satu musuh bagi para pemilik mobil adalah jamur yang bisa menghinggapi kaca mobil. Selain memengaruhi jarak pandang, jamur di kaca mobil juga mengurangi keindahan mobil kamu. Tapi jangan khawatir, Sob. Mobimoto.com mau kasih tahu 6 bahan rumahan, yang ampuh singkirkan jamur di kaca mobil.

1. Alkohol

Alkohol. (Meijer)
Alkohol. (Meijer)

Sejatinya, alkohol berguna untuk membersihkan luka pada kulit. Tapi, ternyata alkohol dengan kadar di atas 50 persen juga bisa kamu manfaatkan untuk menyingkirkan jamur di kaca mobil kesayanganmu.

Caranya mudah kok, Sob. Tinggal gunakan kain atau kapas yang sudah dibasahi dengan alkohol, kemudian gosokkan perlahan-lahan pada kaca mobil yang dihinggapi jamur.

2. Pemutih Pakaian

Pemutih Pakaian. (Billion Vegas)
Pemutih Pakaian. (Billion Vegas)

Pemutih pakaian berbagai merek, baik dalam ukuran botol maupun saset, ternyata bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jamur di kaca mobil.

Sama seperti dengan menggunakan alkohol, kamu tinggal siapkan kain lembut dan basahi dengan pemutih pakaian lalu usapkan pada kaca mobil kamu. Setelahnya, jangan lupa bilas dengan menggunakan air bersih, agar kaca mobil kamu kembali bersih.

3. Minuman Bersoda

Minuman Bersoda. (Pexels)
Minuman Bersoda. (Pexels)

Mungkin menggunakan minuman bersoda untuk membersihkan jamur di kaca mobil, terlihat agak mubazir ya. Tapi jika dalam keadaan darurat dan hanya ada minuman bersoda di rumah, kamu bisa memanfaatkanya untuk membersihkan jamur di kaca mobil.

Pertama, bersihkan kaca mobil dari debu dengan menggunakan kain kering. Hindari membersihkan kaca dengan air agar soda bisa maksimal membersihkan jamur dari kaca mobil kamu.

4. Sari Cuka Apel

Sari Cuka Apel. (Inverse)
Sari Cuka Apel. (Inverse)

Lagi-lagi menggunakan bahan makanan nih, Sob. Selain mengguakan minuman bersoda, sari cuka apel juga bisa kamu manfaatkan untuk menyingkirkan jamur di kaca mobil.

Basahi kain lembut dengan sari cuka apel, lalu gosokkan pada kaca mobil hingga merata. Setelahnya keringkan dengan kertas koran yang sudah tidak terpakai.

5. Pasta Gigi

Pasta Gigi. (Ask The Doctor)
Pasta Gigi. (Ask The Doctor)

Banyak sekali teknik lifehack dengan menggunakan bahan yang satu ini, Sob. Memanfaatkan pasta gigi untuk menghilangkan jamur di kaca mobil pun, terbilang mudah.

Pastikan kondisi kaca mobil kamu dalam keadaan bersih dan kering. Kemudian oles pasta gigi di bagian kaca mobil yang berjamur. Tunggu hingga kering dan bilas dengan air bersih.

6. Air Tembakau

Tembakau. (Wikipedia/Sjschen)
Tembakau. (Wikipedia/Sjschen)

Selain bisa dinikmati para perokok, tembakau juga bermanfaat untuk menyingkirkan jamur yang menempel di kaca mobil.

Cukup rendam tembakau dengan air bersih, kurang lebih 15 menit. Sembari menunggu, basuh kaca mobil dengan air bersih dan keringkan. Setelah bersih dan kering, gunakan rendaman air tembakau untuk mengangkat jamur di kaca mobil.

Dengan bahan yang mudah didapat dan cara sederhana, kamu bisa membersihkan sendiri jamur yang menghinggapi kaca mobil.

Terkait

Terkini