Tips

Moms, Ini Dia Tips Aman Menyetir Mobil saat Hamil

Jika harus menyetir sendiri harus benar-benar waspada dan hati-hati. Moms

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Istirahat saat berkendara. (babycenter.com)
Istirahat saat berkendara. (babycenter.com)

Mobimoto.com - Tuntutan zaman modern dan kebiasaan menyebabkan seorang wanita harus mandiri, meski dalam kondisi mengandung atau hamil sekalipun. Di jalanan, masih banyak ibu hamil yang memilih menyetir mobil sendiri.

Padahal seperti yang kita ketahui, wanita hamil memiliki kondisi fisik dan psikis yang sensitif. Jalanan yang macet, padat dan terjal bisa mempengaruhi pikiran dan berbahaya bagi kandungan.

Pun jika harus menyetir sendiri harus benar-benar waspada dan hati-hati. Moms, ini dia tips aman menyetir mobil bagi saat hamil.

1. Perhatikan sikap

Agar lebih nyaman, duduklah dengan postur tegak namun nyaman. Posisi duduk yang tidak aman seperti terlalu condong ke depan dekat dengan dasbor bisa menimbulkan berbahaya bagi kehamilan.

2. Ambil posisi paling relaks

Moms, usahakan menyetir dalam posisi rileks agar pikiran tetap tenang. Mendengarkan musik atau bernyayi dalam mobil tidak ada salahnya.

3. Pakai sabuk pengaman

Pasang sabuk pengaman. (babycenter.com)
Pasang sabuk pengaman. (babycenter.com)

Sebagai tindakan antisipasi, gunakan sabuk pengaman untuk menghindari benturan keras saat rem mendadak.

4. Hindari perjalanan jauh

Duduk berjam-jam dengan posisi yang sama, membuat ibu hamil tidak nyaman. Untuk itu, hindari menyetir sendiri saat menempuh perjalanan jauh.

5. Sering-seringlah beristirahat

Istirahat saat berkendara. (ryno.unicodomo.com)
Istirahat saat berkendara. (ryno.unicodomo.com)

Jangan memaksa keadaan, jika sudah lelah hentikan kendaraan dan istirahatlah sejenak. Hal ini bisa mengembalikan tenaga bagi moms yang sedang hamil.

Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini