Tips

4 Masalah Umum Rem Mobil, Pernah Ngalamin?

Ternyata ada solusi praktisnya, lho.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Cakram rem mobil. (americanmuscle.com)
Cakram rem mobil. (americanmuscle.com)

Mobimoto.com - Melakukan perawatan rutin pada rem mobil adalah suatu langkah yang tepat, karena rem yang kondisinya terjaga, akan dapat bekerja dengan optimal. Meski begitu, ada 4 masalah umum rem mobil, yang perlu kamu waspadai berikut cara mengatasinya seperti dilansir dari Daihatsu.

1. Pedal Terlalu Ringan

Injak pedal rem. (yourmechanic)
Pedal Rem Terlalu RIngan. (yourmechanic)

Ini adalah masalah utama yang kerap terjadi pada rem mobil, Sob. Pedal yang terlalu ringan dan dalam bisa sedikit membahayakan ketika mobil melewati jalan menurun.

Masalah seperti ini, umumnya disebabkan kebocoran di master silinder internal atau eksternal. Segera ganti master silinder dengan yang baru, Sob.

2. Mobil Bergerak ke Satu Sisi

Ilustrasi Mobil
Ilustrasi Mobil

Coba perhatikan mobil kamu, jika saat di rem, mobil bergerak ke satu sisi, bisa jadi disebabkan oleh kaliper yang membeku. Ketika kaliper membeku, minyak rem akan kesulitan mengalir.

Segera ganti kaliper baru agar sistem pengereman bisa bekerja dengan baik, sehingga keamanan berkendara kamu lebih baik, Sob.

3. Kemudi Bergetar

Ilustrasi Klakson Mobil. (pexels.com)
Kemudi Bergetar. (pexels.com)

Sistem pengereman mobil yang bermasalah, bisa berimbas pada kemudi yang bergetar, lho. Semakin cepat laju kendaraan, semakin terasa pula getarannya.

Kemudi yang bergetar, biasanya disebabkan cakram yang sudah tidak rata. Mobil yang lama tidak digunakkan dan kelembaban yang tinggi, bisa menyebabkan karat dan korosi pada cakram.

Solusinya mudah, Sob. Jika piringan cakram masih cukup tebal, bisa dikikis agar kembali rata, tapi jika cakram sudah tipis, jangan ragu untuk ganti yang baru.

4. Tidak Hanya Kemudi, Hampir Seluruh Bagian Mobil Bergetar

Ilustrasi Mobil Bergetar. (Grimmer Motors)
Ilustrasi Mobil Bergetar. (Grimmer Motors)

Jika cakram yang tidak rata menyebabkan kemudi menjadi bergetar, maka ketika seluruh bagian mobil terasa bergetar, itu artinya ada masalah pada rem belakang.

Untuk memastikannya, coba gunakan rem tangan ketika mobil berjalan dengan kecepatan rendah, jika timbul getaran sudah dipastikan bahwa kamu harus memeriksa rem belakang.

Tapi cara tersebut hanya berlaku kalau rem belakang masih menggunakan tromol. Jika sudah menggunakan cakram, segera hubungi bengkel langganan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Nah, setelah mengetahui 4 masalah umum rem mobil di atas, jangan malas lagi untuk memperhatikan gejalanya, agar masalah pengereman bisa segera diatasi.

Berita Terkait

Berita Terkini