Selasa, 22 Juni 2021

Gempa Saat di Dalam Mobil? Ini 5 Langkah Yang Harus Kamu Lakukan

Kuncinya adalah untuk selalu waspada dan tetap tenang.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Gempa Bumi. (pixabay)
Ilustrasi Gempa Bumi. (pixabay)

Mobimoto.com - Indonesia berduka, pada Jumat (28/09) gempa bumi dengan magnitudo 7.7 skala richter mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah dan memicu gelombang Tsunami yang terjadi di Palu.

Bencana alam seperti gempa bumi atau Tsunami memang belum bisa diprediksi secara mendetail. Masyarakat yang tinggal di wilayah rawan gempa harus bisa waspada dan tetap tenang jika suatu saat terjadi gempa bumi. Termasuk ketika terjadi gempa bumi saat berada di dalam kendaraan.

Selain untuk tetap tenang, ada 5 langkah yang bisa kamu lakukan ketika terjadi gempa bumi saat berada di dalam kendaraan.

1. Hindari Gedung, Pohon, Jembatan dan Tiang Listrik

Hindari Gedung, Pohon, Jembatan dan Tiang Listrik. (pixabay)
Hindari Gedung, Pohon, Jembatan dan Tiang Listrik. (pixabay)

Jika berada di tengah-tengah kota, tetap tenang dan carilah tempat yang jauh dari gedung, pohon, jembatan dan tiang listrik.

Hal ini kamu lakukan, untuk mengantisipasi gedung, pohon, jembatan atau tiang listrik yang bisa saja roboh karena gempa bumi.

2. Hindari Kemacetan

Hindari Kemacetan. (YouTube)
Hindari Kemacetan. (YouTube)

Dalam kondisi panik, biasanya kita malah menginjak gas lebih dalam dan bukan tidak mungkin mengikuti keramaian, yang malah bisa menimbulkan kemacetan.

Sebaiknya, jaga pikiran tetap tenang dan carilah tempat yang dirasa aman dan sebisa mungkin hindari kemacetan, agar jika kondisi semakin darurat, petugas medis dan polisi bisa mengevakuasi dengan mudah.

3. Tetap dalam Mobil

Tetap di Dalam Mobil. (pixabay)
Tetap di Dalam Mobil. (pixabay)

Jangan terburu-buru panik dan keluar dari mobil. Tetaplah di dalam mobil, dan hindari tempat-tempat yang berisiko menimpa mobil seperti gedung, pohon, papan iklan dan tiang listrik.

4. Periksa Jika Terjadi Cedera

Periksa Jika Terjadi Cedera. (pixabay)
Periksa Jika Terjadi Cedera. (pixabay)

Jika dirasa sudah cukup aman, barulah kamu bisa memeriksakan kondisi orang lain dan diri sendiri. Periksa apakah ada cedera yang dialami dan pahami tindakan apa yang harus dilakukan.

Segera hubungi nomor darurat jika mengalami cedera parah.

5. Nyalakan Radio

Nyalakan Radio. (pixabay)
Nyalakan Radio. (pixabay)

Saat terjadi gempa bumi, radio berkewajiban untuk segera melaporkan kondisi terkini dan memberi informasi terkait dari pihak yang berwenang.

Hubungi keluarga dan orang terdekat, tanyakan dan laporkan kondisi masing-masing.

Usahakan untuk selalu waspada dan tetap tenang, ketika terjadi gempa bumi saat berada di dalam kendaraan, dan lakukan 5 langkah di atas.

Terkait

Terkini