Minggu, 07 Maret 2021

Hobi Main Smartphone saat Menyetir? Ini Dia Faktanya

Otak-atik smartphone sembari menyetir mobil bisa berabe.

Rendy Adrikni Sadikin | Husna Rahmayunita
cloud_download Baca offline
Main hape sambi menyetir mobil. (wahttehydontteach.com)
Main hape sambi menyetir mobil. (wahttehydontteach.com)

Mobimoto.com - Manusia zaman now tak bisa hidup tanpa smartphone. Saat menyetir mobil sekalipun, banyak yang memegang alat canggih itu. Tapi belum banyak yang tahu jika aktivitas tersebut juga memiliki fakta yang cukup mencengangkan.

Sebagai alat elektronik, smartphone nyatanya tidak bisa digunakan di sembarang tempat. Fokus bisa terganggu dan tak menutup kemungkinan menyebabkan kecelakaan di jalan raya. Jadi dari pada rugi, alangkah lebih baik tidak bermain smartphone sembari menyetir mobil.

Hal itu diperkuat dengan beberapa fakta tentang bahaya mengoperasikan smartphone sembari mengemudi seperti yang dikutip dari laman nissan.co.id berikut ini.

1. Penyebab kecelakaan utama

Ilustrasi kecelakaan. (thetechnews.com)
Ilustrasi kecelakaan. (thetechnews.com)

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Governots Highway Safety Assosiation (GHSA) negeri Paman Sam menyebutkan jika aktivitas dengan smartphone seperti menelpon dan SMS menjadi penyebab kecelakaan utama di jalanan Amerika Serikat.

2. Melanggar peraturan lalu lintas

Melanggar peraturan lalu lintas. (texasrepublicradio.com)
Melanggar peraturan lalu lintas. (texasrepublicradio.com)

Mengoperasikan smartphone sembari menyetir mobil melanggar Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yakni pasal 106 yang mewajibkan untuk berkendara penuh konsetrasi dan pasal 283 yang mengatur hukuman pidana paling lama tiga bulan dan denda paling banyak Rp 750.000.

3. Lebih berbahaya dari pada menyetir saat mabuk

Menyetir sambil mabuk. (businesslive.co.za)
Menyetir sambil mabuk. (businesslive.co.za)

Aktivitas bermain smartphone sembari menyetir mobil ternyata juga lebih berbahaya dari pada menyetir saat mabuk. Risiko kencelakaan enam kali lipat lebih besar.

4. Merusak kinerja otak

Merusak otak. (bonobology.com)
Merusak otak. (bonobology.com)

Sebuah penelitian menyebutkan, berkendara lambat karena mengoperasikan ponsel seperti kondisi otak manula berusia 70 tahun. Respons otak menjadi lambat dan konsetrasi berkurang.

Semoga bermanfaat.

Terkait

Terkini