Rabu, 04 Agustus 2021

Maling Ini Beberkan Tips Agar Motor Anda Anti-Maling

Pencuri motor mempunyai kebiasaan dan pertimbangan tertentu, ketahui kebiasaan ini untuk mencegahnya.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Sepeda Motorl. (unsplash)
Ilustrasi Sepeda Motorl. (unsplash)

Mobimoto.com - Sepeda motor modern saat ini dilengkapi dengan berbagai teknologi keamanan agar tidak mudah dicuri. Teknologi tersebut mulai dari yang paling simpel dan paling sering kita jumpai, kunci stang, kunci stang berpengaman magnet hingga sistem 'keyless'. Namun dalam beberapa kasus, saking apesnya walaupun kita sudah mencoba untuk mengamankan si kuda besi tercinta, tetap saja raib.

Sebenarnya banyak tips yang beredar mengenai cara mengamankan motor. Berbeda dengan biasanya, dilansir oleh Ride Apart, tips ini dijabarkan oleh si maling itu sendiri. Apa saja yang menjadi pertimbangan maling dalam 'menyikat' motor?

1. Jenis motor 

Yamaha Vixion Livery Motogp 2018. (yamaha-motor.co.id)
Yamaha Vixion Livery Motogp 2018. (yamaha-motor.co.id)

Motor yang 'mainstream' biasanya bakal jadi incaran para pencuri. Hal ini terjadi karena motor tersebut laris sehingga mudah untuk dijual ulang. Tak hanya itu, motor yang gampang ditemui di jalanan biasanya memiliki jumlah permintaan onderdil yang tinggi, membuat para pencuri berpikir motor 'mainstream' tadi adalah 'tambang emas'.

2. Jangan taruh motor sembarangan

Ilustrasi Motor Parkir. (Unsplash/abhijeet-somvanshi)
Ilustrasi Motor Parkir. (Unsplash/abhijeet-somvanshi)

Motor yang paling rentan dicuri adalam motor yang ditaruh di 'luar pagar'. Apalagi di daerah padat penduduk, di mana biasanya warga malah kurang menghiraukan hal-hal di sekitar mereka.

3. Onderdil yang menggoda

Motor Dengan Pendingin Udara/thebikeshed.cc
Ilustrasi suspensi upside down/thebikeshed.cc

Motor dengan part-part eksotis, sebut saja suspensi upside down, banana swingarm, dan lain-lain akan menjadi incaran para maling karena part-part tersebut berharga mahal di pasaran. Jika motor anda dilengkapi dengan komponen mewah tersebut, ada baiknya untuk lebih waspada.

4. Pengamanan

Kunci Motor dengan Answer Back System. (astra-honda)
Kunci Motor dengan Answer Back System. (astra-honda)

Walaupun tidak menggaransi keamanan kendaraan anda 100%, selalu tinggalkan motor dalam keadaan terkunci stang. Selain itu, ada beberapa trik lagi agar maling berpikir dua kali sebelum 'menculik' motor anda, antara lain dengan gembok pelek, gembok rem cakram, atau yang lebih simpel, lepas saja tuas koplingnya, dijamin malingnya bakal 'males'.

5. Jangan sampai bisa melenggang

Ilustrasi Motor Mogok. (YouTube)
Ilustrasi Motor Mogok. (YouTube)

Para pencuri biasanya mengakhiri aksi mereka dengan menaiki motor mereka dalam keadaan menyala, seperti pengendara biasa. Hal ini juga untuk menghindari kecurigaan. Pasalnya jika mereka nekat mendorong motor, atau dalam kasus tertentu, mengankgutnya ke mobil pickup, tentu banyak saksi yang curiga.

Ingat Sob, kewaspadaan adalah kunci!

Terkait

Terkini