Selasa, 22 Juni 2021

Galau Pilih Helm Half Face atau Full Face? Simak Tips Berikut

Inilah perbedaan helm half face dan full face, biar nggak salah beli.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita
cloud_download Baca offline
Pemotor dengan helm half face dan full face. (openfacehelmet.com)
Pemotor dengan helm half face dan full face. (openfacehelmet.com)

Mobimoto.com - Pemotor sejati pasti akan memakai helm saat menuju suatu tempat. Di pasaran, helm terbagi menjadi dua jenis yakni: half face dan full face. Dua jenis helm tersebut memiliki fungsi yang berbeda loh.

Helm merupakan perangkat safety riding (keselamatan berkendara). Jadi pemotor Indonesia wajib menggunakan aksesoris berkendara yang satu ini demi menjaga keselamatan dan keamanan.

Seperti yang dikutip dari Undang-Undang Nomor 22 Tahun tentang Angkutan Umum dan Lalu Lintas Pasal 106 disebutkan setiap pemotor Indonesia wajib memakai helm Standar Nasional Indonesia (SNI). Bagi mereka yang tidak mengenakan helm SNI diancam pidana kurungan paling lama satu bulan dan denda maksimal Rp 250.000.

Buat kalian yang masih awam, ini dia perbedaan fungsi helm half face dan full face seperti yang dikutip dari laman suzuki.co.id.

Helm half face

Helm edisi spesial Star Wars. (hjchelmets.com/starwars)
Helm edisi spesial Star Wars. (hjchelmets.com/starwars)

Helm tipe half face identik degan helm yang sering dipakai pemotor jalanan. Sesuai namanya, helm ini masih memperlihatkan wajah kita.

Untuk memakai dan melepaskannya, cukup mengotak-atik pengait helm. Helm berjenis half face cocok digunakan untuk perjalanan dekat seperti jalan-jalan, pergi ke kantor atu belanja. Selain itu, helm face juga direkomendasikan saat cuaca sedang baik.

Helm full face

Helm edisi spesial Star Wars. (hjchelmets.com/starwars)
Helm edisi spesial Star Wars. (hjchelmets.com/starwars)

Helm kali ini memiliki desain lebih tertutup dan lebih sulit untuk dilepaskan. Wajah dan kepala benar-benar terlindungi saat memakai helm ini.

Helm full face memiliki tingkat keamanan lebih. Biasanya digunakan mereka para pebalap atau pemotor yang menempuh perjalan jauh.

Sangat direkomendasikan untuk mereka yang berkendara di saat angin kencang dan hujan. Hal itu disebabkan oleh kemampuan helm melindungi wajah dari terpaan angin yang ditakutkan bisa mengganggu konsentrasi berkendara.

Jadi dari pada galau pilih helm half face atau full face, lebih baik sesuaikan kebutuhan kalian terlebih dahulu. 

Terkait

Terkini