Sabtu, 06 Maret 2021

Jorok Bikin Mobil Tak Elok, Ini 5 Tempat yang Harus DIbersihkan

Bagian-bagian ini harus dibersihkan untuk mencegah penyakit dan menjaga keindahan mobil.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Cuci Mobil dan Bilas dengan Air Bersih. (pexels)
Cuci Mobil dan Bilas dengan Air Bersih. (pexels)

Mobimoto.com - Berpergian dengan mobil merupakan kegiatan yang menyenangkan. Selain karena lebih nyaman, mobil juga digemari karena memiliki kapasitas untuk memuat banyak penumpang. Namun tak hanya untuk rekreasi, orang-orang banyak yang mengendarai mobil sehari-hari untuk menuju tempat kerja, atau malah bekerja dengan mobil. Sopir taksi misalnya. Namun beberapa orang yang terlalu sibuk sering mengabaikan kebersihan mobilnya.

Kebersihan mobil perlu dijaga karena selain untuk menjaga keindahan mobil, kebersihan juga mempengaruhi kesehatan pengendara. Oleh karena itu, Mobimoto.com telah merangkum lima tempat yang paling kotor di mobil yang perlu sering dibersihkan.

1. Kemudi dan persneling 

Coba Fitur Menarik atau Fitur Unggulan. (Unsplash/Kevin Bhagat)
Ilustrasi kemudi mobil. (Unsplash/Kevin Bhagat)

Kemudi dan persneling adalah bagian yang paling sering dipegang di mobil. Bagian ini terdapat lebih banyak kuman dibandingkan area yang kita sangka paling kotor, yakni ban. Area kemudi dan persneling bisa dibersihkan dengan tisu basah yang mengandung alkohol atau desinfektan lainnya.

2. Jendela

Ilustrasi Mengemudi Mobil Di Saat Hujan. (Unsplash/Alexandra Mirghe)
Ilustrasi jendela. (Unsplash/Alexandra Mirghe)

Jendela merupakan bagian yang terkena hujan dan debu, bahkan noda minyak karena sentuhan. Area ini juga perlu dibersihkan. Selain agar bebas kotoran dan debu, bagian ini juga penting untuk dibersihkan agar membantu menambah jarak pandangan di sisi jendela.

3. Wipers

Ilustrasi Wiper Mobil. (unsplash/Charles Loyer)
Ilustrasi Wiper Mobil. (unsplash/Charles Loyer)

Bagian ini juga banyak terdapat debu dan kotoran-kotoran lain. Area ini perlu untuk dibersihkan agar debu-debu dan kotoran yang menempel tidak membuat area kaca depan mobil tergores. Jika kaca depan banyak terdapat goresan maka akan mengurangi jarak pandang pengemudi. Selain itu kaca kinclong juga menambah kecantikan mobil.

4. Gagang Pintu

Periksa Kondisi Karet Pintu. (unsplash/Saif El Ourati)
Ilustrasi pintu mobil. (unsplash/Saif El Ourati)

Senada dengan kemudi dan persneling, gagang pintu juga kotor. Karena sering dipegang, area ini mengandung banyak kuman. Maka perlu untuk membersihkan gagang pintu untuk mencegah penyakit menular.

5. Bawah Karpet

Ilustrasi Karpet Mobil. (motorbeam)
Ilustrasi Karpet Mobil. (motorbeam)

Karpet merupakan bagian yang paling sering diinjak. Kotoran yang ikut bersama sepatu/sandal biasanya mengendap dibawah karpet. Kotoran tersebut biasanya berupa debu dan pasir. Bagian ini bisa dibersihkan menggunakan penyedot debu.

Terkait

Terkini