Tips

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Pemilik Awam Sepeda Motor

Banyak pengendara yang 'asal naik' motor tanpa memperdulikan perawatannya.

Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal

Pilihlah sopir yang handal. (iowastatedaily.com)
Pilihlah sopir yang handal. (iowastatedaily.com)

Mobimoto.com - Punya sepeda motor tapi jarang servis karena tidak punya waktu luang atau bahkan kondisi uang yang pas-pasan? Kurang paham mengenai seluk beluk mesin motor?

Tenang, motomobi.com punya tips agar sepeda motor anda jarang mogok walau jarang diservis. Berikut adalah 4 hal yang jika tidak diperhatikan maka akan menimbulkan masalah buat motor kesayangan kamu.

1. Jarang Ganti Oli

Ganti oli sepeda motor matic
Ganti oli sepeda motor matic


Oli merupakan bagian vital dalam mesin, karena selain berperan dalam pendinginan mesin, oli juga berfungsi untuk mengurangi gesekan yang terjadi di dalam mesin motor.

Jarang ganti oli akan mengakibatkan adanya gesekan tinggi dalam mesin, dan kemungkinan yang akan timbul diantaranya adalah piston aus (baret), mesin berasap putih (khusus 4 tak, kalau 2 tak mah wajar), bahkan mogok sampai turun mesin.

Untuk mencegah terjadinya hal itu maka perlu untuk mengganti oli motor secara rutin, setidaknya 2-3 bulan sehari, tergantung sudah berapa jauh jarak yang sudah anda tempuh setelah terakhir ganti oli.

2. Jarang Cek Busi

Busi pada kendaraan. (motorsport.com)
Busi pada kendaraan. (motorsport.com)


Walaupun terkesan sepele, busi motor yang menghitam mengakibatkan api yang terpercik di ruang pembakaran terganggu, sehingga pada beberapa kasus, tidak adanya percikan api di mesin membuat mesin motor tidak mau menyala.

Jika sudah demikian, harap ganti busi motor anda, atau setidaknya bersihkan kerak hitam yang menempel jika belum sempat mengganti businya.

3. Filter Udara Kotor

Filter Udara. (Bhinneka.com)
Filter Udara. (Bhinneka.com)


Komponen ini terletak di beagian-bagian berbeda, tergantung jenis kendaraan anda. Sebenarnya, untuk mengecek komponen ini agak rumit dan seringkali diperlukan bantuan ahli. Namun ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan untuk mengenali tanda-tanda filter udara kotor.

Antara lain, laju motor yang ngos-ngosan, tak peduli seberapa besar anda membuka gas, laju motornya kurang signifikan dan tenaganya terasa loyo. Walaupun hal ini belum tentu disebabkan filter yang kotor namun tak ada salahnya untuk mengecek kondisi filter udara pada motor kesayangan anda.

Selain itu, filter udara yang sudah robek akan mengakibatkan kotoran masuk kedalam ruang pembakaran sehingga kinerja mesin menjadi kurang optimal dan berpotensi mengakibatkan lecet pada piston. Jika terlambat, bisa-bisa motor anda akan mogok.

4. Aki Tekor

Aki sebagai penyuplai listrik pada kendaraan. (moladin.com)
Aki sebagai penyuplai listrik pada kendaraan. (moladin.com)


Tak perlu susah-susah membongkar body motor untuk mengetahui kondisi aki motor apakah masik layak ataupun sudah rusak. Motor dengan aki yang mulai bermasalah biasanya memiliki pertanda. Yakni nyala lampu motor yang tidak seterang biasanya, namun jadi terang setelah jalan agak jauh.

Lalu suara klakson yang lebih pelan dari biasanya, dan jika anda nekat memencet klakson maka cahaya baik pada lampu depan ataupun lampu indikator akan sedikit meredup.

Hal ini terjadi karena suplai listrik yang berkurang sehingga motor kekurangan daya. Selain itu, ketika motor susah dinyalakan, bisa jadi itu juga disebabkan aki motor yang bermasalah, sehinga suplai listrik menuju dinamo stater kurang dan motor jadi "ngambeg".

Itulah beberapa bagian yang perlu diperhatikan dalam merawat sepeda motor, namun masih banyak kerusakan lainnya yang berpotensi mengakibatkan motor mogok, jika sampai demikian hubungi bengkel terdekat anda.

Berita Terkait

Berita Terkini