Tips

Tips Membersihkan dan Merawat Kaca Helm Supaya Tetep Kinclong

Kaca adalah bagian penting dari komponen helm, karena itu berkaitan langsung dengan pengelihatan kita selama berkendara.

Dinar Surya Oktarini | Praba Mustika

Ilustrasi Helm/pxhere.com
Ilustrasi Helm/pxhere.com

Mobimoto.com - Helm memang diperuntukkan untuk keamanan dan keselamatan pengendara tapi bukan berarti kita tidak mengabaikan kebersihannya ya. Apalagi kaca helm, kalau sudah buram nanti malah bisa mengganggu jarak pandang kita, sob.

Dilansir dari situs resmi suzuki, ada beberapa tips dan trik untuk merawat kaca helm agar tetap kinclong dan tidak mengganggu pandangan.

Ilustrasi Helm/pxhere.com
Ilustrasi Helm/pxhere.com

Luangkanlah waktu untuk mengelap kaca helm, baik sebelum maupun sesudah digunakan. Agar kotoran tidak terlalu lama menempel di kaca helm.

Alat dan bahan yang digunakan juga mudah ditemukan di rumah lho sob, kayak hand sanitizer atau sabun pencuci piring. Tapi akan lebih baik jika menggunakan sabun khusus pencuci helm.

Caranya adalah sebagai berikut:
1. Lepaskan kaca helm (jika dirasa sulit dan tidak ada waktu, bisa dilewatkan)
2. Basahi kaca helm, lalu cuci dengan menggunakan sabun dan usap dengan sponge berbahan lembut.
3. Bilas dengan air dan keringkan dengan kanebo.
4. Setelah itu usapkan dengan krim pembersih kaca hingga rata lalu lap hingga bersih dengan menggunakan lap yang berbahan lembut.

Lalu untuk merawat agar kaca helm tetap bening, kamu bisa coba perawatan rutin ini sob.
1. Lap kaca helm sebelum digunakan
2. Simpan helm di tempat yang aman dan bersih agar tidak mudah ditempeli debu dan agar tidak tergores benda-benda disekitarnya
3. Simpan helm di sarung khusus penyimpanan helm jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.
4. Jangan ragu untuk titipkan helm di tempat penitipan umum, jika sedang berada di mall atau tempat lainnya.
5. Jangan taruh helm di tempat yang terkena pancaran sinar matahari langsung sob, karena sinar matahari bisa menyebabkan kaca helm menjadi cepat buram.

Kalau sudah terlanjur tergores atau memang sudah saatnya mengganti kaca baru, cari toko helm terdekat untuk melakukan penggantian. Usia kaca helm rata-rata tiga sampai lima tahun ya sob.

Berita Terkait

Berita Terkini