Motor

Banyak Hadir di Motor Mahal, Ini Fungsi Assist and Slipper Clutch

Apa fungsi sebenarnya dari fitur ini?

Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi Sepeda Motor dengan Kopling Manual. (unsplash)
Ilustrasi Sepeda Motor dengan Kopling Manual. (unsplash)

Mobimoto.com - Beberapa tahun belakangan, beberapa jenis kuda besi yang hadir di tanah air mulai dibekali dengan fitur assist dan slipper clutch.

Buat yang belum tahu, fitur salah satu fungsi assist dan slipper clutch untuk pengguna motor berkopling adalah bikin makin nyaman saat berkendara walau terjebak kemacetan. Kok bisa?

Dilansir dari situs resmi Astra Honda, assist dan slipper clutch bekerja pada kondisi berbeda. Assist clutch bekerja pada saat sepeda motor berakselerasi, sedangkan slipper clutch bekerja pada saat sepeda motor deselerasi.

Assist clutch berfungsi untuk membantu mengoptimalkan perpindahan tenaga dengan menghilangkan power loss pada kopling saat berakselerasi.

Sedangkan saat deselerasi Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah roda belakang tergelincir atau slip ketika pengendara melakukan engine brake dengan menurunkan gigi secara ekstrem.

Rumah Kopling Sepeda Motor. (Facebook)
Rumah kopling sepeda motor. (Facebook)

Dengan teknologi ini beban clutch spring berkurang sehingga beban pengoperasian clutch lever menjadi berkurang.

Fungsi teknologi assist dan slipper clutch bagi pengendara antara lain sebagai berikut.

  • Dengan adanya assist pada kopling, handel jadi lebih ringan, sehingga tangan tidak mudah lelah  ketika di kemacetan
  • Dengan adanya slipper pada kopling, laju sepeda motor akan lebih mudah dikontrol ketika engine brake (deselerasi extrem), karena sistem slipper clutch akan mencegah roda belakang mengunci sehingga tidak akan terjadi slip.
  • Dengan teknologi Assist & Slipper Clutch, komponen gir, rantai dan ban jadi lebih awet karena hentakan saat engine brake berkurang.

Perlu diingat juga, agar kopling seluruh komponen sepeda motor tetap dalam kondisi prima dan bisa bekerja dengan sempurna, perlu dilakukan pemeriksaan dan penyetelan secara berkala.

Berita Terkait

Berita Terkini