Kamis, 05 Agustus 2021

Tengok Piaggio MP3 yang Disulap Jadi Motor Ambulans, Bisa Ngapain Aja?

Motor ini punya beberapa keistimewaan, apa itu?

Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Piagio MP3 Youth Urban 300ie. (piagio.com)
Piagio MP3 Youth Urban 300ie. (piagio.com)

Mobimoto.com - Konsep ambulans motor kini mulai menjadi diperhatikan oleh para pabrikan kendaraan roda dua.

Hal ini dikarenakan adanya potensi terutama di daerah yang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat standar.

Masalah daya jangkau inilah yang sedang diatasi oleh pabrikan Italia, Piaggio. Dilansir dari Rideapart, pabrikan Italia ini menghadirkan motor matik roda tiga yang dibekali dengan sederet fitur medis.

Motor ini mengusung basis dari Piaggio MP3 yang dapat memberikan utilitas layaknya mobil kecil sambil mempertahankan kelincahan sepeda motor.

Kendaraan first-responder ini menawarkan stabilitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sepeda motor konvensional berkat roda tiganya

Di Israel, Magen David Adom (MDA), sebuah LSM yang tergabung dalam Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, telah menggunakan Piaggio MP3 sebagai kendaraan pertolongan pertama.

Piaggio MP3 500 Sport Advanced, skuter roda tiga dengan gigi mundur, diluncurkan di Indonesia, Jumat (25/9/2020). [Dok Piaggio Indonesia]
Piaggio MP3 500 Sport Advanced, skuter roda tiga dengan gigi mundur, diluncurkan di Indonesia, Jumat (25/9/2020). [Dok Piaggio Indonesia]

Bahkan organisasi tersebut telah membeli 500 Piaggio MP3, yang semuanya dilengkapi dengan peralatan Basic Life Support Defibrillation (BLSD).

Untuk memaksimalkan efisiensi kendaraan darurat ini, MDA telah menyiapkan sistem terkomputerisasi yang bisa digunakan untuk menanggapi panggilan darurat melalui GPS.

Kelemahan motor ambulans ini adalah keterbatasan kapasitas muatan, membuat orang yang akan dilarikan ke rumah sakit tetap membutuhkan mobil ambulans konvensional.

Tapi setidaknya pelang selamat untuk orang yang membutuhkan bakal meningkat karena adanya unit gesit yang satu ini.

Terkait

Terkini