Kamis, 05 Agustus 2021

Biar Tak Salah Paham, Kenali 5 Fungsi Utama Knalpot Motor

Ini lima fungsi utama knalpot, nggak cuma sekadar obat ganteng, lho!

Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Ganti Knalpot Agar Lebih Gahar. (motocrossgiant)
Ganti Knalpot Agar Lebih Gahar. (motocrossgiant)

Mobimoto.com - Knalpot motor punya sederet peran penting, sehingga tak heran jika bagian ini kerap menjadi bagian yang paling sering dimodifikasi.

Modifikasi yang diaplikasikan pada bagian ini pun punya tujuan masing-masing, tergantung minat dari pemilik motor. Bisa untuk mengubah suara sesuai keinginan, atau untuk memperganteng tampilan.

Hal ini disebabkan karena bagian tersebut punya banyak fungsi. Apa saja? Berikut lima fungsi knalpot seperti dilansir dari Suzuki Indonesia.

Suzuki GSX-S750 yang dipamerkan di Istanbul, Turki, 2018. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Ilustrasi motor berknalpot standar. [Shutterstock].

1. Meredam Suara dari Ruang Bakar

Fungsi yang pertama dan tak dapat dipungkiri adalah kemampuannya dalam meredam suara bising dari ruang bakar. Pada saat udara bercampur dengan bahan bakar di ruang bakar akan muncul ledakan dan tentu saja terjadi suara bising yang memekakkan telinga. 

Oleh karena itu ketika knalpot dilepaskan, suara yang sangat mengganggu akan terdengar. Sedangkan ketika knalpot dipasang suara tersebut justru hilang. Hal inilah yang terjadi pada jenis-jenis kendaraan modern. 

 2. Meningkatkan Tenaga yang Dimiliki Kendaraan

Walaupun tidak mutlak, namun knalpot berpotensi untuk bisa meningkatkan tenaga pada kendaraan. Hanya saja cara ini berfungsi dengan baik jika knalpot didesain dengan tepat dan penambahan bahan yang sesuai. Knalpot perlu disesuaikan juga dengan mesin. 

 3. Menjadi Aksesoris atau Pemanis Kendaraan

Fungsi knalpot lainnya adalah sebagai ornamen kendaraan. Anda bisa melihat pada beberapa kendaraan yang dimodifikasi, knalpot juga ikut diganti. Ada yang menggunakan bahan chrome bahkan ukurannya bervariasi. 

 4. Berfungsi untuk Mengurangi Polusi Udara

Sisa pembakaran mengandung karbondioksida yang dilepaskan ke udara. Kandungan ini sangatlah berbahaya bagi lingkungan dan menjadi sumber polusi. Kini knalpot juga difungsikan sebagai alat untuk mengurangi polusi. 

Terdapat teknologi catalytic converter yang fungsinya mengkonversi karbon dari sisa pembakaran. Dengan begitu setiap kendaraan bisa digunakan lebih efisien dan polusi udara pun berkurang. 

 5. Ubahan pada Knalpot Bisa Bermanfaat untuk Mengurangi Bobot Kendaraan 

Fungsi knalpot yang terakhir adalah kemampuannya dalam mengurangi bobot kendaraan. Beberapa jenis knalpot yang jadi standar dari pabrikan menggunakan material dan dimensi yang bervariasi. 

Penggunaan knalpot yang ringan akan membuat kendaraan jadi bisa berakselerasi menggunakan handling lebih bagus. Kebanyakan jenis knalpot ini digunakan untuk kendaraan yang performanya tinggi.

Terkait

Terkini