Senin, 14 Juni 2021

Tips Aman Berkendara Motor di Jalan Berlubang, Wajib Tahu Nih!

Cara berkendara motor di jalan berlubang ternyata ada tipsnya.

Cesar Uji Tawakal | Gagah Radhitya Widiaseno
cloud_download Baca offline
Ilustrasi jalan berlubang. (mastertheweek.com)
Ilustrasi jalan berlubang. (mastertheweek.com)

Mobimoto.com - DI beberapa daerah di Indonesia, jalan berlubang masih kerap dijumpai. Hal ini pun membuat pengendara harus hati-hati ketika ketemu dengan jalan berlubang.

Pemotor tidak boleh asal trabas ketika melintas di jalanan berlubang. Karena jalanan jelek dan berlubang bisa mengakibatkan ban motor mengalami kebocoran.

Bahkan bisa jadi membuat komponen lain seperti sokbreker rusak.

Oleh karenanya, jika menjumpai jalan yang penuh lubang, sebaiknya tetap perhatikan 5 tips ini yang dilansir dari Federaloil.co.id.

Ilustrasi mobil melintasi jalan berlubang. [Shutterstock]
Ilustrasi mobil melintasi jalan berlubang. [Shutterstock]

1. Kurangi kecepatan motor

Hal yang pertama yang harus kalian lakukan saat mengetahui di depan terdapat jalanan berlubang adalah dengan mengurangi kecepatan laju kendaraan.

Hal ini guna menghindari terjadinya benturan keras antara aspal dengan motor yang kalian kendarai.

Selain itu, jika terdapat sisi jalan yang masih dalam kondisi baik alias tidak berlubang, sebaiknya kalian hindari jalanan rusak tersebut dan lewatilah yang masih dalam kondisi bagus.

2. Hindari jalanan berlubang yang digenangi air

Jika ternyata jalanan berlubang itu digenangi air, baiknya hindari melewati area jalan tersebut.

Hal ini untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang di luar dugaan. Karena Anda tidak mengetahui pasti berapa kedalaman lubang tersebut.

3. Berkendara dengan mengikuti kendaraan yang ada di depan

Jika kondisi jalanan cukup ramai, kalian bisa mengikuti pengendara yang ada di depan dan melintasi sisi jalan yang sama seperti yang ia lewati sebelumnya.

Biasanya, pengendara yang berada di depan memilih jalan yang memiliki kondisi bagus. Sehingga, kalian hanya tinggal mengikuti geraknya supaya tidak jatuh atau terjerembab.

4. Jaga jarak dengan pengendara lain

Jaga jarak yang dimaksud adalah kalian memberikan space atau ruang dengan pengendara lain agar tidak saling berhimpitan atau menabrak kendaraan di depan yang melakukan rem mendadak.

Mengingat jalanan berlubang sangatlah berisiko bagi keselamatan, maka kalian juga harus tetap berhati-hati selama melintasi jalanan yang rusak dan berlubang.

5. Tetap fokus

Bagi para pengendara motor maupun mobil, fokus dan berkonsentrasi penuh terhadap jalanan yang dilewati merupakan sebuah keharusan. Hal ini dikarenakan ketika kalian fokus, maka risiko sekecil apapun masih bisa diantisipasi.

Terkait

Terkini