Jum'at, 15 Januari 2021

Robot Imut nan Canggih Bikinan Honda, Bisa Cegah Anak Kecil Kecelakaan?

Akankah robot ini jamak ditemukan di pasaran?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Honda Ropot. (motor1.com)
Honda Ropot. (motor1.com)

Mobimoto.com - Tak cuma bikin kendaraan, Honda selama ini juga dikenal sebagai perusahaan yang cukup aktif dalam riset dan pembuatan robot.

Yang paling mudah diingat salah satunya adalah Asimo, sebuah robot humanoid yang bisa bermain sepak bola, yang sudah dipamerkan sejak bertahun-tahun lalu.

Namun tak cuma itu, baru-baru ini pabrikan motor asal Jepang tersebut merancang robot mini yang berfungsi bak malaikat pelindung bagi anak-anak.

Dilansir dari Motor1 (8/12/2020), robot berukuran sekepal tangan ini mampu memberi petunjuk arah pada si kecil agar mereka bisa berangkat dan pulang sekolah tanpa tersesat.

Honda Ropot. (motor1.com)
Honda Ropot. (motor1.com)

Tak cuma itu, seperti radar pada mobil canggih, alat ini juga bisa memberi peringatan tentang adanya potensi bahaya dari kendaraan yang melaju di dekat anak-anak.

Dengan desain yang imut, robot bernama "Ropot" ini juga terlihat keren sebagai aksesori. Cara pakainya adalah dengan mengaitkannya ke tali pada tas, membuatnya bisa mengawasi lokasi sekitar anak dengan memantau di atas pundak.

Pihak Honda menyebutkan bahwa robot ini dikembangkan untuk mengurangi kerentanan kecelakaan pada anak-anak di Jepang di mana mereka sering berangkat dan pulang sekolah dengan berjalan kaki.

Selain itu, anak-anak juga mempunyai lebar pandangan yang cuma 2/3 jika dibandingkan dengan orang dewasa, membuat mereka sering kecolongan saat menyebrang jalan.

Sayangnya masih belum jelas harga dan kapan Ropot ini akan dijual secara umum.

Terkait

Terkini