Kamis, 29 Oktober 2020

15 Detik Langsung Penuh, Baterai Kendaraan Canggih Ini Bikin Terpukau

Akankah baterai ini menjadi penanda revolusi kendaraan elektrik.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Intip Rancangan Desain Motor Elektrik Kawasaki, Kapan Produksi? (Free Patents Online)
Intip Rancangan Desain Motor Elektrik Kawasaki, Kapan Produksi? (Free Patents Online)

Mobimoto.com - Salah satu kelemahan utama dari motor atau mobil elektrik adalah lamanya durasi pengisan ulang tenaga. Hal ini membuat perjalanan bakal rentan terhambat khususnya bagi mereka yang harus mobile.

Namun hal itu bisa teratasi berkat ditemukannya jenis baterai termutakhir yang satu ini. Dilansir dari Visordown (22/9/2020), sebuah baterai jenis baru kini telah ditemukan. Ia diklaim mampu terisi secara penuh dalam hitungan menit.

Jenis baterai ini disebut dengan graphene battery, sebuah terobosan dari perusahaan asal Estonia, Skeleton Technologies yang menggandeng Institut Teknologi Karlshruhe asal Jerman.

Ilustrasi baterai nuklir. [Shutterstock]
Ilustrasi baterai. [Shutterstock]

 

Baterai super tersebut bahkan disebut mampu terisi cuma dalam waktu 15 detik. hanya saja jika dibandingkandd engan baterai lithium-ion, ketahanan graphene masih perlu diuji.

Saat ini perusahaan tersebut belum menyediakan data terkait kepadatan energi atau apapun sebagai pembanding dari baterai litium.

Baterai ini dibuat dengan teknologi baru yang memungkinkan penambahan kepadatan elektroda, kecepatan siklus yang lebih gesit serta kemampuan untuk menahan listrik lebih lama untuk memperpanjang usia baterai.

Baterai ini tentu memungkinkan motor ataupun mobil elektrik bisa melenggang bebas tanpa perlu banyak pikir mengenai sisa tenaga yang tersisa di tiap perjalanan.

Terkait

Terkini