Senin, 21 September 2020

Anti Rewel, BMW Kembangkan Rantai Motor Berlapis Berlian

Lapisan ini membuat ketahanan rantai meningkat signifikan dan diklaim bebas perawatan.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Ilustrasi rantai motor. (http://motortrail.gazgas.com)
Ilustrasi rantai motor. (http://motortrail.gazgas.com)

Mobimoto.com - Rantai pada motor merupakan bagian yang punya peran viral. Namun salah satu kelemahan dari motor yang menggunakan rantai adalah adanya kewajiban untuk merawat bagian tersebut. Perawatannya pun beragam, mulai dari pelumasan, pengaturan kekencangan hingga penggantian komponen jika sudah aus.

Hal itu rupanya bisa diatasi oleh produsen motor asal Jerman, BMW yang belum lama ini memamerkan rantai motor yang diklaim bebas perawatan.

Dilansir dari Rideapart (29/8/2020), rantai tersebut dinamai M Endurance Chain. Rantai ini dibekali dengan desain X-ring, bukan hal yang baru. Namun keistimewaannya terletak pada zat pelapisnya.

Zat tersebut karbon amorf tetrahedral, atau secara sederhana bisa juga disebut dengan berlian.

ilustrasi perawatan rantai motor (Mobimoto-Cesar Uji Tawakal)
Ilustrasi perawatan rantai motor (Mobimoto-Cesar Uji Tawakal)

Bukan berlian asli, namun berlian sitetis yang biasanya banyak dibuat untuk kepentingan industri. Material ini melapisi rantai membuatnya menjadi sekeras berlian sungguhan. Komponen tersebut membuat rantai ini tak perlu dilumasi dan juga dibersihkan.

Rantai tersebut kini tersedia untuk model BMW S 1000 RR dan S 1000 XR namun dijual secara terpisah. Sayangnya belum jelas berapa harga tipe rantai ampuh yang satu ini.

Terkait

Terkini