Selasa, 29 September 2020

Ekstrem, Motor Ini Dijejali Mesin Diesel, Cuma Biar Irit BBM?

Desainnya bikin salah fokus pula.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Royal Enfield. (Instagram/@royalenfield_650)
Ilustrasi Royal Enfield. (Instagram/@royalenfield_650)

Mobimoto.com - Anti Mainstream, itulah kesan pertama yang timbul usai menengok detail dari motor satu ini. Tak seperti kebanyakan motor buatan Royal Enfield yang tersedia di pasaran, motor ini telah dimodifikasi dengan beberapa sentuhan istimewa.

Tak sembarang dimodif, motor ini diracik dengan tema 'lingkungan' yang mana urusan konsumsi bahan bakar dan emisi menjadi sorotan utama.

Dilansir dari Rideapart, motor racikan modifikator India ini, nekat menggunakan mesin diesel untuk efisiensi bahan bakar.

Walaupun urusan kecepatan bakal banyak dikorbankan, namun bagi yang tak mempermasalahkan hal tersebut, tentu modifikasi ini dianggap tokcer.

Motor ini dijuluki dengan nama disebut "Navilu"  yang berarti merak. 

Ia dijejali mesin itu dari unit diesel Greaves-Lombardini, yang sering digunakan dalam pertanian.

Royal Enfield dimodif pakai mesin diesel. (rideapart.com)
Royal Enfield dimodif pakai mesin diesel. (rideapart.com)

Mesin ini menghasilkan sekitar 6,3 tenaga kuda pada 3.600 rpm, dan torsi sekitar 20 Nm  pada 1.600 rpm.

Kabar baiknya adalah bahwa ia juga sangat 'kalem' saat menyeruput bahan bakar dengan konsumsi sekitar 1,3 liter per 100 kilometer.

Desain motor ini juga mengalami banyak ubahan, seperti sadel springer gaya sepeda yang telah dibalut kulit yang dijahit tangayang dipadukan dengan detail ala motor bobber yang dimodifikasi dengan gaya retro.

Sistem listrik yang mulanya bertegangan 6V dikonversi menjadi 12V. Lampu LED sekarang menjadi penyotot jalan utama motor ini.

 

 

 

Terkait

Terkini